SOSIAL

Selasa, 29 Desember 2009, 14:07
Perkiraan BMKG Malam Tahun Baru Hujan

SOSIAL tahun baru
 

 
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan malam Tahun Baru 2010 di Jakarta dan sekitarnya akan diguyur hujan yang disertai petir.

"Warga Jakarta yang ingin merayakan malam tahun baru nampaknya harus waspada. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprediksi akan mengguyur wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, pada sore dan malam hari, tepatnya pada malam pergantian tahun," kata Kasubdit Informasi dan Meteorologi BMKG Harry Tirto Djatmiko di Jakarta, Selasa (29/12).

Menurut dia, kemungkinan terbesar cuaca seperti itu akan terjadi di seluruh wilayah selatan dan timur Jabodetabek. "Karena itu, kami mengimbau warga untuk waspada," ungkap Harry Tirto .

Untuk wilayah bagian selatan, potensi hujan besar terjadi di Jakarta Selatan, Bogor, dan Depok. Sedangkan di bagian timur terjadi di Jakarta Timur dan Bekasi.

Selain itu kondisi yang sama juga terjadi di wilayah bagian barat seperti di Jakarta Barat dan Tangerang.

"Secara keseluruhan hujan berpotensi terjadi di seluruh wilayah," imbuh Harry.

Hujan deras diprediksi akan terus disertai angin kencang lantaran frekuensi fenomena alam tersebut telah berkurang.

BMKG telah mengeluarkan peringatan dini cuaca yang diperkirakan terjadi pada 25 hingga 31 Desember 2009 yaitu terkait aktivitas Badai Tropis Laurence di daratan Australia bagian barat dan daerah tekanan rendah di Samudera Hindia sebelah barat Sumatra.

"Badai ini memberi pengaruh terhadap aktivitas pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Indonesia sebelah barat dan selatan khatulistiwa," timpalnnya.

Harry juga meminta agar masyarakat memperhatikan adanya aktivitas awan konvektif terkait dengan temperatur yang cukup tinggi pada siang hari.

Hal itu, katanya, merupakan aktivitas atmosfer berskala lokal yang akan memberikan peluang bagi pertumbuhan awan-awan konvektif yang berpotensi menimbulkan hujan lebat disertai angin kencang dan petir dalam waktu tidak terlalu lama.

Secara umum, katanya, wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang adalah pesisir timur Sumatra bagian utara, pesisir barat Sumatra, Sumatra bagian utara, tengah dan selatan, Kalimantan bagian barat, tengah dan selatan. Selain itu kawasan Jabodetabek dan Sebagian besar Pulau Jawa.

Kemudian, Sulawesi bagian Utara, Tengah dan Selatan, Bali dan Nusa Tenggara, Maluku bagian utara dan tenggara, serta Papua bagian tengah dan selatan.

"Makanya hujan lebat akan terus terjadi hingga hari ini," terangnya.(AR/at)

Berita Terbaru

Pasar Skutik di Indonesia Masih Tinggi
Produk ini menjadi pilihan utama dan dipercaya oleh konsumen Indonesia terutama di kalangan anak muda dan para wanita.

Kemacetan di Jakarta Sulit Terurai
Rasio jumlah penduduk mencapai 9,6 juta jiwa dan kepadatan penduduk 13.000 Km per meter persegi.

PKS Tak Ragu Wujudkan Poros Partai Islam
"Di PKS tidak pernah ragu membuat poros. Mereka (ormas Islam) menyampaikan aspirasi, kami menghendaki parpol Islam bersatu," katanya.

Gempa 7,5 SR Guncang Mexico
Gempa berkekuatan 7,5 Skala Richter (SR) telah mengguncang bagian tengah dan selatan Mexico.

Parkir Liar Menjamur, Sudinhub: Segera Kita Tertibkan
Parkir liar di Jakarta Pusat kembali marak. Sejumlah lokasi kembali dipenuhi kendaraan yang parkir.