SOSIAL

Selasa, 29 Desember 2009, 14:07
Perkiraan BMKG Malam Tahun Baru Hujan

SOSIAL tahun baru
 

 
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan malam Tahun Baru 2010 di Jakarta dan sekitarnya akan diguyur hujan yang disertai petir.

"Warga Jakarta yang ingin merayakan malam tahun baru nampaknya harus waspada. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprediksi akan mengguyur wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, pada sore dan malam hari, tepatnya pada malam pergantian tahun," kata Kasubdit Informasi dan Meteorologi BMKG Harry Tirto Djatmiko di Jakarta, Selasa (29/12).

Menurut dia, kemungkinan terbesar cuaca seperti itu akan terjadi di seluruh wilayah selatan dan timur Jabodetabek. "Karena itu, kami mengimbau warga untuk waspada," ungkap Harry Tirto .

Untuk wilayah bagian selatan, potensi hujan besar terjadi di Jakarta Selatan, Bogor, dan Depok. Sedangkan di bagian timur terjadi di Jakarta Timur dan Bekasi.

Selain itu kondisi yang sama juga terjadi di wilayah bagian barat seperti di Jakarta Barat dan Tangerang.

"Secara keseluruhan hujan berpotensi terjadi di seluruh wilayah," imbuh Harry.

Hujan deras diprediksi akan terus disertai angin kencang lantaran frekuensi fenomena alam tersebut telah berkurang.

BMKG telah mengeluarkan peringatan dini cuaca yang diperkirakan terjadi pada 25 hingga 31 Desember 2009 yaitu terkait aktivitas Badai Tropis Laurence di daratan Australia bagian barat dan daerah tekanan rendah di Samudera Hindia sebelah barat Sumatra.

"Badai ini memberi pengaruh terhadap aktivitas pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Indonesia sebelah barat dan selatan khatulistiwa," timpalnnya.

Harry juga meminta agar masyarakat memperhatikan adanya aktivitas awan konvektif terkait dengan temperatur yang cukup tinggi pada siang hari.

Hal itu, katanya, merupakan aktivitas atmosfer berskala lokal yang akan memberikan peluang bagi pertumbuhan awan-awan konvektif yang berpotensi menimbulkan hujan lebat disertai angin kencang dan petir dalam waktu tidak terlalu lama.

Secara umum, katanya, wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang adalah pesisir timur Sumatra bagian utara, pesisir barat Sumatra, Sumatra bagian utara, tengah dan selatan, Kalimantan bagian barat, tengah dan selatan. Selain itu kawasan Jabodetabek dan Sebagian besar Pulau Jawa.

Kemudian, Sulawesi bagian Utara, Tengah dan Selatan, Bali dan Nusa Tenggara, Maluku bagian utara dan tenggara, serta Papua bagian tengah dan selatan.

"Makanya hujan lebat akan terus terjadi hingga hari ini," terangnya.(AR/at)

Berita Terbaru

Rupiah Bergerak ke Rp13.068 per dolar AS
Nilai tukar rupiah dalam transaksi antarbank di Jakarta pada Selasa (31/3/2015) pagi bergerak naik tujuh poin dari posisi terakhir kemarin menjadi Rp13.068 per dolar AS.

Ahok Undang Dewan Bahas APBD dengan Kemendagri
Pemprov DKI Jakarta akan mengadakan rapat bersama Kementerian Dalam Negeri untuk membahas evaluasi mengenai Kebijakan Umum APBD dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2015 yang telah dikirimkan pada Selasa (24/3) lalu.

Rupiah Senin Pagi Menguat
Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Senin (30/3/2015) pagi, bergerak menguat tipis sebesar sembilan poin menjadi Rp13.056 dibandingkan sebelumnya di posisi Rp13.065 per dolar AS.

Rossi Juarai GP Perdana di Qatar
Sembilan kali juara dunia MotoGP Valentino Rossi sukses menaklukan GP seri perdana di Sirkuit Losail Qatar dengan keluar menjadi juara mengalahkan Andrea Dovizioso.

Pelayat Terus Padati Rumah Orang Tua Olga Syahputra
Beberapa dari mereka adalah tetangga orang tua almarhum, para penggemar, kerabat dan awak media.