SOSIAL

Minggu, 16/10/2011, 19:30
Cangkok Organ Tubuh, Tiga Dokter Ditangkap Polisi

SOSIAL China
 

cangkok-organ-tubuh-tiga-dokter-ditangkap-polisi Foto Internet
 
Tiga dokter di China telah ditangkap karena diduga melakukan transplantasi organ secara ilegal di satu klinik swasta, kata pihak berwenang lokal dan media pemerintah pada Minggu (16/10/2011).

Bertindak berdasarkan informasi, polisi di kota Bazhou kota di provinsi utara Hebei menangkap para dokter pada bulan lalu, ketika mereka siap untuk memindahkan ginjal dari seorang pria, kata seorang pejabat Partai Komunis setempat dan polisi kepada AFP.

Kasus ini sedang diselidiki, kata mereka, namun menolak untuk memberikan rincian lebih lanjut.

China melarang transplantasi organ dari donor hidup selain pasangan, kerabat dan anggota keluarga yang diadopsi pada tahun 2007, kata kantor berita resmi Xinhua.

Tapi permintaan untuk transplantasi jauh dari pasokan di negara berpenduduk lebih dari 1,3 miliar jiwa itu, sehingga membuka pintu bagi penjualan organ ilegal.

Negara ini meluncurkan program uji coba tahun lalu untuk memungkinkan orang secara sukarela menyumbangkan organ mereka setelah kematian, dalam rangka memenuhi meningkatnya permintaan, kata Xinhua.

Sekitar 1,5 juta orang sedang menunggu untuk transplantasi tetapi hanya sekitar 10.000 orang telah terdaftar sebagai donor, katanya.

Menurut laporan media pemerintah sebelumnya, rumah sakit telah melakukan operasi transplantasi ilegal untuk sekitar 100.000 yuan (sekitar 15,700 dolar).  (Aef/At)

Berita Terbaru

Petugas Berjibaku Padamkan Api di Pasar Senen
Karena banyak pakaian dan barang lain yang mudah terbakar, menyebabkan api cepat merambat dan melua

Tolak Pabrik Semen, Jangan Tinggal di Bangunan Bersemen
Kalau masih menggunakan semen, tapi mereka menolak pembangunan pabrik semen, itu munafik namanya,

Jelang Hari Pencoblosan Satgas Anti-Politik Uang Terbentuk di Kolaka Utara
Aroma persaingan tidak sehat semakin tercium jelang pencoblosan di Pilkada Kolaka Utara (Kolut) 15 Februari 2017 mendatang.

Pilkada Jakarta, 15 Februari Ditetapkan Hari Libur
Pesta demokrasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta yang tepat dilaksanakan pada 15 Februari 2017 ditetapkan sebagai hari libur.

Everton Gilas City 4-0
City yang lebih mendominasi penguasaan bola, kebobolan lebih dahulu lewat gol Romelu Lukaku pada menit ke-34.