SOSIAL

Minggu, 16/10/2011, 19:30
Cangkok Organ Tubuh, Tiga Dokter Ditangkap Polisi

SOSIAL China
 

cangkok-organ-tubuh-tiga-dokter-ditangkap-polisi Foto Internet
 
Tiga dokter di China telah ditangkap karena diduga melakukan transplantasi organ secara ilegal di satu klinik swasta, kata pihak berwenang lokal dan media pemerintah pada Minggu (16/10/2011).

Bertindak berdasarkan informasi, polisi di kota Bazhou kota di provinsi utara Hebei menangkap para dokter pada bulan lalu, ketika mereka siap untuk memindahkan ginjal dari seorang pria, kata seorang pejabat Partai Komunis setempat dan polisi kepada AFP.

Kasus ini sedang diselidiki, kata mereka, namun menolak untuk memberikan rincian lebih lanjut.

China melarang transplantasi organ dari donor hidup selain pasangan, kerabat dan anggota keluarga yang diadopsi pada tahun 2007, kata kantor berita resmi Xinhua.

Tapi permintaan untuk transplantasi jauh dari pasokan di negara berpenduduk lebih dari 1,3 miliar jiwa itu, sehingga membuka pintu bagi penjualan organ ilegal.

Negara ini meluncurkan program uji coba tahun lalu untuk memungkinkan orang secara sukarela menyumbangkan organ mereka setelah kematian, dalam rangka memenuhi meningkatnya permintaan, kata Xinhua.

Sekitar 1,5 juta orang sedang menunggu untuk transplantasi tetapi hanya sekitar 10.000 orang telah terdaftar sebagai donor, katanya.

Menurut laporan media pemerintah sebelumnya, rumah sakit telah melakukan operasi transplantasi ilegal untuk sekitar 100.000 yuan (sekitar 15,700 dolar).  (Aef/At)

Berita Terbaru

Pelatihan Intermediasi Teknologi di Berlin
Pelatihan ini diikuti oleh 24 orang yang berasal dari Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Pusat Unggulan dan Kementerian Riset dan Teknologi.

MU Incar Daley Blind
Selain Blind dan gelandang Argentina Angel Di Maria yang resmi sudah dikontrak, United juga memburu pemain Belanda lainnya Nigel de Jong

Munas NU 2014 Diundur
Keputusan pengunduran Munas dan Konbes diambil dalam rapat gabungan Syuriyah dan Tanfidziyah PBNU yang dilaksanakan di Gedung PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat.

Kapal Dishub DKI Terbakar di Kepulauan Seribu
Sedikitnya 10 penumpang mengalami luka-luka dimana sebagaian besar menderita luka bakar.

Bambang Soesatyo: Jokowi Jangan Adu Domba Koalisi Merah Putih
"Kalau Jokowi konsisten ingin diawasi, peran itu akan dijalankan oleh Koalisi Merah Putih sebagai penyeimbang di DPR,"