POLITIK

Kamis, 03/11/2011, 17:14
Jadwal Pilkada Aceh Diubah

POLITIK Pilkada
 

jadwal-pilkada-aceh-diubah Ist/Internet
 
Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh memastikan tanggal pemungutan suara pilkada di provinsi itu berubah, menyusul adanya pembukaan kembali pendaftaran bakal calon.

"Ini implikasi yang harus kami terima akibat dibukanya kembali pendaftaran bakal calon. Jadi, tanggal sebelumnya 24 Desember 2011, dipastikan berubah," kata Wakil Ketua KIP Aceh Ilham Saputra di Banda Aceh, Kamis (3/11/2011).

Sebelumnya, KIP Aceh menetapkan pemungutan pemilihan gubernur dan wakil gubernur digelar pada 24 Desember 2011. Pemilihan tersebut digelar serentak dengan pilkada 17 bupati/wali kota dan wakilnya.

Ia mengatakan, dibukanya kembali pendaftaran bakal calon tersebut merupakan perintah keputusan Mahkamah Konstitusi tertanggal 2 November 2011.

Keputusan itu dikeluarkan menyusul adanya gugatan sengketa Pilkada Aceh yang diajukan TA Khalid dan Fadhullah, kandidat pasangan gubernur dan wakil gubernur.

Keduanya menggugat karena belum ada kepastian hukum yang jelas terhadap landasan hukum pelaksanaan pilkada di provinsi ujung barat Pulau Sumatra tersebut.

Pendaftaran bakal calon tersebut dimulai 3 hingga 7 November 2011. Pasangan bakal calon yang diterima adalah mereka yang belum pernah mendaftar, katanya.

"Kendati jadwalnya sudah dipastikan berubah, namun kami belum bisa menetapkan tanggal pemungutan suaranya. Masalah ini harus kami bahas dengan KIP kabupaten/kota," katanya.

Dalam menentukan tanggal perubahannya, kata dia, pihaknya akan memperhitungkan banyaknya pasangan bakal calon, khususnya dari jalur perseorangan, yang akan mendaftar.

"Khusus pasangan bakal calon perseorangan ini butuh waktu, seperti verifikasi faktual syarat dukungan berupa fotokopi kartu tanda penduduk," katanya.

Selain itu, sebut dia, perlunya waktu uji kemampuan baca Al Quran dan pemeriksaan kesehatan masing-masing bakal calon. Serta memperhitungkan waktu bakal calon pengganti bila ada yang tidak lulus uji baca Al Quran.

"Banyak hal yang kami pertimbangkan sebelum menetapkan tanggal pemungutan suara. Dan ini merupakan perintah hukum yang wajib kami jalankan," ungkap Ilham Saputra. (Aef/At)


Berita Terbaru

Strategi JSI Kembali Teruji di Pilkada 2017
Lembaga survei dan konsultan politik Jaringan Suara Indonesia (JSI) kembali mencatatkan kemenangan di pemilihan langsung kepala daerah (pilkada) serentak 2017

Aksi Heroik Pasukan Orange Saat Banjir
Seolah tiada lelah, petugas PPSU terus bekerja dengan keikhlasan,ketulusan dan tanpa pamrih membantu warga Ibukota.

Lurah Pekojan Pantau Genangan di Wilayahnya
Titik banjir sudah tak ada lagi. Genangan yang ada pun kemarin sudah cepat surut,

Arsenal Dibantai Muenchen 5-1
Kemenangan besar Muenchen ini membuat Arsenal sulit melangkah ke babak delapan final

AHY Ngaku Kalah dan Tetap Bersyukur
Saya bangga kepada para pendukung, tetaplah tegar jangan kecil hati. Percayalah semua ada hikmahnya,