POLITIK

Kamis, 03/11/2011, 17:14
Jadwal Pilkada Aceh Diubah

POLITIK Pilkada
 

jadwal-pilkada-aceh-diubah Ist/Internet
 
Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh memastikan tanggal pemungutan suara pilkada di provinsi itu berubah, menyusul adanya pembukaan kembali pendaftaran bakal calon.

"Ini implikasi yang harus kami terima akibat dibukanya kembali pendaftaran bakal calon. Jadi, tanggal sebelumnya 24 Desember 2011, dipastikan berubah," kata Wakil Ketua KIP Aceh Ilham Saputra di Banda Aceh, Kamis (3/11/2011).

Sebelumnya, KIP Aceh menetapkan pemungutan pemilihan gubernur dan wakil gubernur digelar pada 24 Desember 2011. Pemilihan tersebut digelar serentak dengan pilkada 17 bupati/wali kota dan wakilnya.

Ia mengatakan, dibukanya kembali pendaftaran bakal calon tersebut merupakan perintah keputusan Mahkamah Konstitusi tertanggal 2 November 2011.

Keputusan itu dikeluarkan menyusul adanya gugatan sengketa Pilkada Aceh yang diajukan TA Khalid dan Fadhullah, kandidat pasangan gubernur dan wakil gubernur.

Keduanya menggugat karena belum ada kepastian hukum yang jelas terhadap landasan hukum pelaksanaan pilkada di provinsi ujung barat Pulau Sumatra tersebut.

Pendaftaran bakal calon tersebut dimulai 3 hingga 7 November 2011. Pasangan bakal calon yang diterima adalah mereka yang belum pernah mendaftar, katanya.

"Kendati jadwalnya sudah dipastikan berubah, namun kami belum bisa menetapkan tanggal pemungutan suaranya. Masalah ini harus kami bahas dengan KIP kabupaten/kota," katanya.

Dalam menentukan tanggal perubahannya, kata dia, pihaknya akan memperhitungkan banyaknya pasangan bakal calon, khususnya dari jalur perseorangan, yang akan mendaftar.

"Khusus pasangan bakal calon perseorangan ini butuh waktu, seperti verifikasi faktual syarat dukungan berupa fotokopi kartu tanda penduduk," katanya.

Selain itu, sebut dia, perlunya waktu uji kemampuan baca Al Quran dan pemeriksaan kesehatan masing-masing bakal calon. Serta memperhitungkan waktu bakal calon pengganti bila ada yang tidak lulus uji baca Al Quran.

"Banyak hal yang kami pertimbangkan sebelum menetapkan tanggal pemungutan suara. Dan ini merupakan perintah hukum yang wajib kami jalankan," ungkap Ilham Saputra. (Aef/At)


Berita Terbaru

Jokowi Bakal Kunjungi Tiga Negara ASEAN
Presiden Joko Widodo dijadwalkan berkunjung ke tiga negara ASEAN yakni Malaysia, Brunei Darussalam, dan Filipina pada 5-9 Februari 2015 untuk tujuan utama meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi.

PNS DKI Telat Absen Bakal Kena Potongan
Sebab, Pemprov DKI telah menyiapkan sanksi tegas bagi pegawai yang melakukan tindakan indisipliner.

Bambang Gunawan Tak Akan Penuhi Panggilan KPK
"Sampai putusan praperadilan, kami tidak akan memenuhi panggilan KPK,"

Soal Saksi untuk Budi Gunawan, KPK Bakal Konsultasi ke Presiden
Beredar kabar, tidak hadirnya saksi dari Kepolisian karena adanya Telegram Rahasia (TR)

Jokowi Ngaku Didukung Prabowo
"Beliau menyampaikan dukungan penuhnya kepada pemerintahan sekarang,"