POLITIK

Kamis, 03/11/2011, 17:14
Jadwal Pilkada Aceh Diubah

POLITIK Pilkada
 

jadwal-pilkada-aceh-diubah Ist/Internet
 
Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh memastikan tanggal pemungutan suara pilkada di provinsi itu berubah, menyusul adanya pembukaan kembali pendaftaran bakal calon.

"Ini implikasi yang harus kami terima akibat dibukanya kembali pendaftaran bakal calon. Jadi, tanggal sebelumnya 24 Desember 2011, dipastikan berubah," kata Wakil Ketua KIP Aceh Ilham Saputra di Banda Aceh, Kamis (3/11/2011).

Sebelumnya, KIP Aceh menetapkan pemungutan pemilihan gubernur dan wakil gubernur digelar pada 24 Desember 2011. Pemilihan tersebut digelar serentak dengan pilkada 17 bupati/wali kota dan wakilnya.

Ia mengatakan, dibukanya kembali pendaftaran bakal calon tersebut merupakan perintah keputusan Mahkamah Konstitusi tertanggal 2 November 2011.

Keputusan itu dikeluarkan menyusul adanya gugatan sengketa Pilkada Aceh yang diajukan TA Khalid dan Fadhullah, kandidat pasangan gubernur dan wakil gubernur.

Keduanya menggugat karena belum ada kepastian hukum yang jelas terhadap landasan hukum pelaksanaan pilkada di provinsi ujung barat Pulau Sumatra tersebut.

Pendaftaran bakal calon tersebut dimulai 3 hingga 7 November 2011. Pasangan bakal calon yang diterima adalah mereka yang belum pernah mendaftar, katanya.

"Kendati jadwalnya sudah dipastikan berubah, namun kami belum bisa menetapkan tanggal pemungutan suaranya. Masalah ini harus kami bahas dengan KIP kabupaten/kota," katanya.

Dalam menentukan tanggal perubahannya, kata dia, pihaknya akan memperhitungkan banyaknya pasangan bakal calon, khususnya dari jalur perseorangan, yang akan mendaftar.

"Khusus pasangan bakal calon perseorangan ini butuh waktu, seperti verifikasi faktual syarat dukungan berupa fotokopi kartu tanda penduduk," katanya.

Selain itu, sebut dia, perlunya waktu uji kemampuan baca Al Quran dan pemeriksaan kesehatan masing-masing bakal calon. Serta memperhitungkan waktu bakal calon pengganti bila ada yang tidak lulus uji baca Al Quran.

"Banyak hal yang kami pertimbangkan sebelum menetapkan tanggal pemungutan suara. Dan ini merupakan perintah hukum yang wajib kami jalankan," ungkap Ilham Saputra. (Aef/At)


Berita Terbaru

Kasus Arsyad, Media Sosial dan Pencitraan
Kasus Muhammad Arsyad bakal dijadikan moment bagi Jokowi untuk menaikkan citranya, menjelang kenaikan harga BBM.

Suryadharma Ali: Mari Rapatkan Barisan untuk Tujuan Bersama
Selamat muktamar dan menghasilkan hasil yang membanggakan untuk Indonesia ke depan

Masyarakat Inginkan Reshuffle Kabinet, Jika..
Penilaian positif atas kabinet Jokowi lebih banyak dipengaruhi oleh kepercayaan publik atas pribadi dan perilaku Jokowi itu sendiri.

Teuku Riefky Harsya, Ketua Komisi X DPR RI
Keputusan tersebut diambil dalam rapat pemilihan dan penetapan pimpinan Komisi X yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah.

Madrid Bekuk Cornella 4-1
Real Madrid menang 4-1 atas UD Cornella pada pertandingan pertama Copa del Rey putaran keempat yang dimainkan pada Kamis (30/10/2014) WIB.