SOSIAL

Minggu, 17/02/2013, 00:21
Bengawan Solo Meluap, Puluhan Rumah Terandam Banjir

SOSIAL banjir
 

bengawan-solo-meluap-puluhan-rumah-terandam-banjir
BERITA TERKAIT
 
Puluhan rumah di sejumlah desa di Bojonegoro, Jawa Timur, mulai terendam air banjir luapan Bengawan Solo, Sabtu (16/2), tapi warga masih belum mengungsi karena air yang merendam rumah mereka belum tinggi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro Kasiyanto mengatakan rumah warga yang mulai terendam air banjir luapan Bengawan Solo, sesuai laporan yang masuk di antaranya di sejumlah desa di Kecamatan Kalitidu dan Kota.

Namun, lanjut dia, warga masih belum mengungsi karena genangan air banjir yang masuk ke rumah masih sekitar 30 centimeter.

"Warga yang rumahnya mulai terendam air banjir baru sebatas mengamankan barang-barangnya," kata dia.

Selain itu, lanjut dia, banjir luapan sungai terpanjang di Jawa itu juga mulai merendam tanaman padi di sejumlah desa di Kecamatan Baureno dengan luas 435 hektare dan Kecamatan Kalitidu 54 hektare.

Menghadapi banjir di wilayahnya itu, menurut dia, Bupati Bojonegoro, Jatim, Suyoto, menginstruksikan camat di daerah genangan banjir luapan Bengawan Solo turun ke lapangan untuk mengetahui secara langsung dampak banjir.

"Camat juga diminta melaporkan data kondisi di wilayahnya secara rutin sebagai antisipasi penanganan warga yang terkena dampak banjir," tuturnya.

Data di BPBD setempat, ketinggian air Bengawan Solo pada papan duga di Bojonegoro masih terus merangkak naik dengan ketinggian mencapai 14,94 meter pukul 19.00 WIB.

"Meskipun daerah Ngawi dan Solo Jateng banjir cenderung turun, tapi air Bengawan Solo di Bojonegoro masih akan terus naik," tutupnya.(Cha/Ant)

Berita Terbaru

Prabowo Ucapkan Selamat Idul FItri
Hal itu disampaikan Prabowo melalui akun Youtube pribadinya dan ia juga mengucapkan salam maaf lahir dan bathin.

Arus Balik Mudik Diprediksi H+3 sampai H+7
Arus balik pemudik di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur diprediksi pada H+3 hingga H+7 Lebaran.

Idul Fitri 1435 H Jatuh Hari Ini
Pemerintah menetapkan 1 Syawal jatuh pada hari ini, Senin 28 Juli 2014 berdasarkan hasil sidang itsbat

Menteri Agama Takbiran di Istiqlal
Kumandang takbir dilaksanakan setelah pemerintah secara resmi menetapkan 1 Syawal 1435 H jatuh pada Senin, 28 Juli 2014.

Stasiun Senen Sepi Pemudik
Hari ini, Minggu (27/7/2014), kondisi Stasiun Senen mulai lengang dari para pemudik.