SOSIAL

Minggu, 17/02/2013, 00:21
Bengawan Solo Meluap, Puluhan Rumah Terandam Banjir

SOSIAL banjir
 

bengawan-solo-meluap-puluhan-rumah-terandam-banjir
BERITA TERKAIT
 
Puluhan rumah di sejumlah desa di Bojonegoro, Jawa Timur, mulai terendam air banjir luapan Bengawan Solo, Sabtu (16/2), tapi warga masih belum mengungsi karena air yang merendam rumah mereka belum tinggi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro Kasiyanto mengatakan rumah warga yang mulai terendam air banjir luapan Bengawan Solo, sesuai laporan yang masuk di antaranya di sejumlah desa di Kecamatan Kalitidu dan Kota.

Namun, lanjut dia, warga masih belum mengungsi karena genangan air banjir yang masuk ke rumah masih sekitar 30 centimeter.

"Warga yang rumahnya mulai terendam air banjir baru sebatas mengamankan barang-barangnya," kata dia.

Selain itu, lanjut dia, banjir luapan sungai terpanjang di Jawa itu juga mulai merendam tanaman padi di sejumlah desa di Kecamatan Baureno dengan luas 435 hektare dan Kecamatan Kalitidu 54 hektare.

Menghadapi banjir di wilayahnya itu, menurut dia, Bupati Bojonegoro, Jatim, Suyoto, menginstruksikan camat di daerah genangan banjir luapan Bengawan Solo turun ke lapangan untuk mengetahui secara langsung dampak banjir.

"Camat juga diminta melaporkan data kondisi di wilayahnya secara rutin sebagai antisipasi penanganan warga yang terkena dampak banjir," tuturnya.

Data di BPBD setempat, ketinggian air Bengawan Solo pada papan duga di Bojonegoro masih terus merangkak naik dengan ketinggian mencapai 14,94 meter pukul 19.00 WIB.

"Meskipun daerah Ngawi dan Solo Jateng banjir cenderung turun, tapi air Bengawan Solo di Bojonegoro masih akan terus naik," tutupnya.(Cha/Ant)

Berita Terbaru

Waspadai Makanan Kadaluarsa Jelang Lebaran
Razia akan dilakukan di 10 wilayah kecamatan secara intensif di pasar tradisional dan moderen seperti hipermarket, supermarket dan minimarket.

Rihanna Raih Penjualan Digital Terbanyak
Penyanyi R&B pemenang Grammy, Rihanna, menjadi artis pertama yang melampaui lebih dari 100 juta angka penjualan single digital.

Lebaran, Djarot Mudik ke Solo
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, telah memiliki agenda pribadi pada perayaan Hari raya Idul Fitri 1436 H.

Dua BUMD Ditunjuk untuk Bangun LRT
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menunjuk dua Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI untuk merealisasikan pembangunan sarana transportasi massal Light Rail Transit (LRT) di Jakarta.

Gasak Paraguay 6-1, Argentina ke Final
Argentina menantang tuan rumah Cile di final Piala Amerika usai berpesta gol 6-1 ke gawang Paraguay pada semifinal Piala Amerika 2015