PENDIDIKAN

Selasa, 26/02/2013, 20:33
Inilah 12 PTS yang Jadi PTN

PENDIDIKAN PTS,PTN
 

inilah-12-pts-yang-jadi-ptn
BERITA TERKAIT
 
Sejak 2010 hingga 2013 tercatat ada sekitar 12 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia yang berubah status menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

"Ada 17 PTS yang akan mengalami penegerian, tapi sembilan PTS sudah tuntas untuk penegerian pada tahun 2012, tiga PTS yang tuntas pada tahun 2013, dan lima PTS lainnya masih proses," kata Direktur Kelembagaan dan Kerja Sama Ditjen Dikti Kemdikbud Prof Dr Ir Achmad Jazidie, Selasa (26/2) di Surabaya.

Jazidie yang juga Guru Besar Robotika ITS itu menjelaskan, sembilan PTS yang tuntas mengalami penegerian pada 2010-2012 adalah Universitas Borneo Tarakan, Universitas Musamus Merauke, Universitas Bangka Belitung, dan Politeknik Batam.

Selanjutnya, Politeknik Manufaktur Bangka Belitung, Politeknik Bengkalis, Universitas Maritim Raja Ali Haji Kepulauan Riau, Politeknik Balikpapan, dan Politeknik Nusa Utara Sulut.

"Tahun 2012 ada usulan lima PTN baru yakni Politeknik Madiun, Politeknik Banyuwangi, Politeknik Sambas, Universitas Sumbar, dan Universitas Samudera Aceh, namun Menpan sudah menerbitkan persetujuan pada tahun 2013 untuk tiga dari lima PTS itu," lanjutnya. .

Menurut dia, proses penegerian untuk Politeknik memang lebih mudah, karena cukup mendapatkan persetujuan Kementerian PAN, sedangkan universitas perlu Keputusan Presiden, sehingga prosesnya agak lama.

"Meski persetujuan untuk dua universitas (Universitas Sumbar dan Universitas Samudera Aceh) belum turun, namun tahun 2013 ada dua PTS yang mengusulkan proses penegerian yakni Politeknik Tanah Laut Kalsel dan Universitas Kolaka Sulawesi," katanya.

Selain itu, pihaknya juga sedang memproses penegerian UPN. "Tapi, untuk UPN agak khusus dan prosesnya panjang, sebab perlu persetujuan antarkementerian yakni Kementerian Pertahanan, Kementerian PAN, dan Kemdikbud," tuturnya.

Ditanya alasan penegerian PTS yang dikritik APTISI sebagai "pencaplokan" PTS oleh pemerintah itu, ia menjelaskan pihaknya tidak sembarangan menerima usulan masyarakat untuk penegerian, karena alasan mendasar penegerian harus tetap untuk kepentingan bangsa.

"Kami mempunyai kriteria untuk penegerian itu, di antaranya wilayah 3-T (terdepan, terluar, dan tertinggal) atau kawasan perbatasan harus memiliki minimal satu PTN, daerah dengan APK rendah, daerah berpotensi besar dan strategis, dan adanya dukungan dosen dan pemerintah setempat," ungkapnya. (ans/ant)


Belum Ada Komentar Buat Berita Ini

Kirim Komentar Anda


Komentar

Berita Terbaru

Hari Ini Jokowi Dijadwalkan Lantik Kepala Staf Kepresidenan
Presiden Jokowi diagendakan untuk melantik Kepala Staf Kepresidenan di Istana Negara Jakarta, Rabu (2/9/2015) pukul 09.00 WIB.

Rupiah Turun Jadi Rp14.072 per dolar AS
Nilai tukar rupiah dalam transaksi antarbank di Jakarta pada Selasa (1/9/2015) pagi bergerak turun lima poin menjadi Rp14.072 per dolar AS dibandingkan posisi terakhir kemarin.

Messi Pemain Terbaik Dunia 2014-2015, Ini Ekspresi Ronaldo
Messi mengalahkan rekan setimnya, Luis Suarez, dan Cristiano Ronaldo, dalam pemilihan yang dilakukan oleh 54 jurnalis

Hasil Undian Liga Champions 2015-2016, Juventus di Grup Neraka
Fase grup akan dimulai 15-16 September 2015, dan final pada 28 Mei 2016 di San Siro, Milan, Italia

3 Kategori Baru di MHT Award PWI Jaya ke-41
"Saya tidak takut sama media. Kalau emas dibakar tetap emas, kalau bangkai tetap bangkai. Kami semua transparan, jadi tidak perlu takut,"