PENDIDIKAN

Rabu, 13/02/2013, 23:18
Kurikulum 2013 Akan Diberlakukan Bertahap

PENDIDIKAN Kurikulum
 

kurikulum-2013-akan-diberlakukan-bertahap
BERITA TERKAIT
 
Mulai tahun ajaran 2013-2014, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)akan memberlakukan Kurikulum 2013 secara bertahap untuk SD, SMP dan SMA.

Hal ini dikemukakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh, pada rapat kerja dengan Komite II DPD RI di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu (13/2).

Mendikbud menjelaskan, pada tahun pertama untuk murid kelas satu dan kelas empat sekolah dasar serta kelas satu SMP dan SMA.

Selanjutnya, pada tahun kedua akan diberlakukan kepada kelas dua dan kelas lima sekolah dasar serta kelas dua SMP dan SMA, kemudian pada tahun ketiga akan diberilakukan kepada kelas empat dan kelas enam sekolah dasar serta kelas tiga SMP dan SMA.

Menjelang diberlakukannya kurikulum 2013, menurut dia, akan diberikan pelatihan secara bertahap kepada para guru dan pnegawas untuk menyerap materi kurikulum 2013 pada April hingga Juli 2013.

"Kemendikbud telah menyiapkan materi kurikulum maupun materi pelatihan untuk guru dan pengawas," katanya.

Menurut dia, tidak ada alasan lagi untuk menunda pemberlakuan Kurikulum 2013 karena sudah disesain untuk diterapkan mulai tahun ajaran 2013--2014.

Sementara itu, Anggota Komite II DPD RI, Darmayanti Lubis, menanyakan sejauhmana urgensi pemberlakuan Kurikulum 2013, apakah penting atau sudah genting.

"Jika belum genting, saya usulkan agar pemerintah menunda dulu pemberlakukan. Kurikulum 2013 sampai lebih siap dan daerah juga lebih siap," ungkapnya. (ans/ant)


Berita Terbaru

Luis Figo Mundur dari Pencalonan Presiden FIFA
Mantan pemain depan Portugal Luis Figo mengundurkan diri dari pencalonan presiden badan sepak bola dunia FIFA, Kamis (21/5/2015)

Di Jakarta Tak Ditemukan Beras Sintetis
Inspeksi mendadak (sidak) yang digelar serentak Kamis (21/5/2015), di lima wilayah DKI Jakarta belum ditemukan beredarnya beras sintetis.

Juara Coppa Italia, Congratulations Juventus!
Juventus meraih trofi Piala Italia ke-10 mereka, setelah terakhir kali memenanginya 10 tahun silam pada 1995.

Hari Ini, Ada Demo BEM se-Indonesia
Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Indonesia, terkait hari Kebangkitan Nasional akan menggelar unjukrasa yang rencananya digelar, Rabu, ditunda Kamis (21/5/2015).

PN Jakpus Tolak Gugatan Kepengurusan PPP
"Kewenangan membatalkan suatu muktamar partai bukanlah kewenangan pengadilan negeri karena sudah diatur dalam UU Parpol Tahun 2011,"