PENDIDIKAN

Rabu, 13/02/2013, 23:18
Kurikulum 2013 Akan Diberlakukan Bertahap

PENDIDIKAN Kurikulum
 

kurikulum-2013-akan-diberlakukan-bertahap
BERITA TERKAIT
 
Mulai tahun ajaran 2013-2014, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)akan memberlakukan Kurikulum 2013 secara bertahap untuk SD, SMP dan SMA.

Hal ini dikemukakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh, pada rapat kerja dengan Komite II DPD RI di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu (13/2).

Mendikbud menjelaskan, pada tahun pertama untuk murid kelas satu dan kelas empat sekolah dasar serta kelas satu SMP dan SMA.

Selanjutnya, pada tahun kedua akan diberlakukan kepada kelas dua dan kelas lima sekolah dasar serta kelas dua SMP dan SMA, kemudian pada tahun ketiga akan diberilakukan kepada kelas empat dan kelas enam sekolah dasar serta kelas tiga SMP dan SMA.

Menjelang diberlakukannya kurikulum 2013, menurut dia, akan diberikan pelatihan secara bertahap kepada para guru dan pnegawas untuk menyerap materi kurikulum 2013 pada April hingga Juli 2013.

"Kemendikbud telah menyiapkan materi kurikulum maupun materi pelatihan untuk guru dan pengawas," katanya.

Menurut dia, tidak ada alasan lagi untuk menunda pemberlakuan Kurikulum 2013 karena sudah disesain untuk diterapkan mulai tahun ajaran 2013--2014.

Sementara itu, Anggota Komite II DPD RI, Darmayanti Lubis, menanyakan sejauhmana urgensi pemberlakuan Kurikulum 2013, apakah penting atau sudah genting.

"Jika belum genting, saya usulkan agar pemerintah menunda dulu pemberlakukan. Kurikulum 2013 sampai lebih siap dan daerah juga lebih siap," ungkapnya. (ans/ant)


Berita Terbaru

Rumah Dinas Gubernur DKI Jadi Destinasi Wisata
Kebijakan itu diambil Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama setelah dirinya memutuskan tidak akan menetap di rumah bergaya kolonial Belanda tersebut.

Pemprov DKI Akan Hitung Ulang KHL Buruh
Pemprov DKI Jakarta akan melakukan penghitungan ulang Kebutuhan Hidup Layak (KHL) 2014 untuk buruh di ibu kota.

Item KHL Buruh di Jakarta Dikaji Ulang
Itu kan komposisi, apa iya sih sebulan makan buah jeruk terus atau pisang terus?

Kedapatan Bugil, Dua Pria Diduga Akan Pijat 'Plus-plus'
Kami menemukan dua pria sedang bugil, lalu kami menggiringnya ke Mapolsek

Minggu, 14.120 Pelari Ikuti Jakarta Marathon
Sebanyak 14.120 peserta akan memeriahkan acara yang digelar kedua kalinya itu. Selain pelari lokal, kegiatan berhadiah total Rp 2,4 miliar ini juga akan diramaikan pelari elite internasional dari 47 negara.