PENDIDIKAN

Rabu, 13/02/2013, 23:18
Kurikulum 2013 Akan Diberlakukan Bertahap

PENDIDIKAN Kurikulum
 

kurikulum-2013-akan-diberlakukan-bertahap
BERITA TERKAIT
 
Mulai tahun ajaran 2013-2014, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)akan memberlakukan Kurikulum 2013 secara bertahap untuk SD, SMP dan SMA.

Hal ini dikemukakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh, pada rapat kerja dengan Komite II DPD RI di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu (13/2).

Mendikbud menjelaskan, pada tahun pertama untuk murid kelas satu dan kelas empat sekolah dasar serta kelas satu SMP dan SMA.

Selanjutnya, pada tahun kedua akan diberlakukan kepada kelas dua dan kelas lima sekolah dasar serta kelas dua SMP dan SMA, kemudian pada tahun ketiga akan diberilakukan kepada kelas empat dan kelas enam sekolah dasar serta kelas tiga SMP dan SMA.

Menjelang diberlakukannya kurikulum 2013, menurut dia, akan diberikan pelatihan secara bertahap kepada para guru dan pnegawas untuk menyerap materi kurikulum 2013 pada April hingga Juli 2013.

"Kemendikbud telah menyiapkan materi kurikulum maupun materi pelatihan untuk guru dan pengawas," katanya.

Menurut dia, tidak ada alasan lagi untuk menunda pemberlakuan Kurikulum 2013 karena sudah disesain untuk diterapkan mulai tahun ajaran 2013--2014.

Sementara itu, Anggota Komite II DPD RI, Darmayanti Lubis, menanyakan sejauhmana urgensi pemberlakuan Kurikulum 2013, apakah penting atau sudah genting.

"Jika belum genting, saya usulkan agar pemerintah menunda dulu pemberlakukan. Kurikulum 2013 sampai lebih siap dan daerah juga lebih siap," ungkapnya. (ans/ant)


Berita Terbaru

Pasar Skutik di Indonesia Masih Tinggi
Produk ini menjadi pilihan utama dan dipercaya oleh konsumen Indonesia terutama di kalangan anak muda dan para wanita.

Kemacetan di Jakarta Sulit Terurai
Rasio jumlah penduduk mencapai 9,6 juta jiwa dan kepadatan penduduk 13.000 Km per meter persegi.

PKS Tak Ragu Wujudkan Poros Partai Islam
"Di PKS tidak pernah ragu membuat poros. Mereka (ormas Islam) menyampaikan aspirasi, kami menghendaki parpol Islam bersatu," katanya.

Gempa 7,5 SR Guncang Mexico
Gempa berkekuatan 7,5 Skala Richter (SR) telah mengguncang bagian tengah dan selatan Mexico.

Parkir Liar Menjamur, Sudinhub: Segera Kita Tertibkan
Parkir liar di Jakarta Pusat kembali marak. Sejumlah lokasi kembali dipenuhi kendaraan yang parkir.