INTERNASIONAL

Senin, 11/03/2013, 15:18
Konflik Malaysia vs Filipina, TKI Dijamin Aman di Pengungsian

INTERNASIONAL Bentrok, Sabah, Malaysia, Filipina
 

konflik-malaysia-vs-filipina-tki-dijamin-aman-di-pengungsian Ilustrasi/ist
BERITA TERKAIT
 
Konsulat Jenderal RI Sabah (KJRI Sabah), Malaysia Soepeno Sahid mengatakan, segala kebutuhan tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Sabah Malaysia yang masih berada di lokasi pengungsian menjadi jaminan pemerintah Malaysia.

"Kebutuhan TKI yang masih ditampung tersebut tetap dijamin oleh Kantor Permakanan Malaysia dan pihak perusahaan tempatnya bekerja sehingga tidak dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak dikehendaki," demikian ditegaskan Soepeno, di Kota Kinabalu, Senin (11/3).

Menurut dia, walaupun TKI yang jumlahnya mencapai 1.200 orang tersebut belum dapat bekerja tetapi pihak perusahaan telah berkoordinasi dengan KJRI Sabah dan berjanji akan tetap memberikan gaji sebagaimana mestinya sesuai dengan penghasilan yang diperolehnya sewaktu bekerja setiap bulan.

Ia menambahkan, selain kebutuhan sehari-hari TKI yang dijamin, pemerintah Malaysia dan pihak perusahaan juga tetap memberikan bantuan kesehatan, obat-obatan dan kebutuhan air bersih.

"Mengenai kebutuhan sehari seperti makan minum, kebutuhan air bersih dan kesehatan dalam jaminan pemerintah Malaysia dan pihak perusahaan," kata Soepeno, Senin.

Selain itu, terkait kondisi sehari-hari dan kebutuhan para TKI yang berada dalam pengungsian saat ini KJRI Sabah senantiasa selalu memantau perkembangannya dan berkoordinasi dengan aparat keamanan dan pemerintah Malaysia.

KJRI Sabah bukan hanya memantau perkembangan keamanan bagi TKI yang dungsikan, tetapi kepada seluruh WNI yang tidak terkena dampak dari krisis keamanan di Sabah melalui komunikasi rutin dengan pihak keamanan dan pemerintah Malaysia di Sabah, katanya. (fat/ab)

Berita Terbaru

Antisipasi Peredarang Daging Celeng, Kemendag Perketat Pengawasan
"Kalau dulu kan pakai truk, sekarang pakai bus pun ada," ujarnya.

BI Rate Bertahan 7,5 Persen
Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia memutuskan mempertahankan suku bunga acua atau BI Rate sebesar 7,5%.

Tunggu Hasil KPU, Ahok Pastikan Jakarta Tetap Aman
Saya yakin Pak Prabowo sama Pak Jokowi juga akan minta semua pendukungnya untuk menunggu hasilnya dengan baik.

PT JM Diultimatum Hingga September
"September tidak bisa tunjukan desain konstruksi dan duitnya, gua sembelih,"

Karangan Bunga Penuhi Rumah Pemenangan Prabowo-Hatta
Berdasarkan hitungan cepat yang dilakukan sejumlah lembaga survei, Pasangan Prabowo-Hatta mengungguli pasangan lainnya. Ungkapan gembira pun disampaikan oleh para pendukungnya dengan mengirimkan karangan bunga.