SOSIAL

Senin, 25/03/2013, 11:45
Kronologi Penyerbuan Lapas Cebongan Sleman Yogyakarta

SOSIAL bentrok, Polri, penjara
 

kronologi-penyerbuan-lapas-cebongan-sleman-yogyakarta
BERITA TERKAIT
 
Lembaga pemasyarakatan (lapas) Cebongan, Sleman, Yogyakarta telah diserbu oleh belasan orang tak dikenal, yang mengakitbat empat tahanan tewas.

Menurut keterangan dari Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta, Brigjen Polisi Sabar Raharjo mengatakan, penyerbuan tersebut terjadi pada Sabtu dinihari sekitar pukul 02:00 WIB.

“Penyerangan dilakukan oleh sekitar 17 orang. Mereka masuk ke lapas dengan cara melompat pagar,” ujarnya.

Dia menuturkan, setelah masuk kedalam lapas, para gerombolan tersebut memaksa sipir untuk memberitahu lokasi sel keempat tahanan yang terlibat kasus pengeroyokan di Hugo`s Cafe, Sleman.

“Mereka sempat menodongkan senjata api, dan memaksa petugas Lapas Cebongan menunjukkan kunci sel. Empat orang tewas dengan luka tembak. Nanti akan diidentifikasi di laboratorium forensik,” katanya.

Selain itu, Sabar juga menuturkan bahwa pelaku penyerbuan tersebut telah membawa semua CCTV yang ada di lapas. Akibatnya hingga kini pihaknya belum bisa mengidentifikasi para pelaku penyerbuan tersebut.

Sedangkan dalam penyerbuan itu, seorang petugas Lapas Cebongan sempat dipukul, saat dimintai kunci sel dari empat tersangka tersebut.

Sementara seorang sumber di Lapas Cebongan yang tak ingin disebutkan namanya menuturkan bahwa gerombolan penyerang sempat menembaki pintu lapas, dan meledakkannya dengan granat.

Usai itu, mereka yang berhasil masuk ke lapas langsung meminta sipir menunjukan sel empat pelaku penganiayaan yang merupakan tiitpan polisi tersebut.

Tanpa basa-basi, gerombolan itu langsung menembak keempat tahanan itu hingga tewas.

Tak ada yang menyangka peristiwa saling pandang di Hugo's Café itu berakibat pada penusukan dan kemudian berakhir pada drama penyerbuan sebuah penjara.

Korban tewas penusukan adalah anggota Komando Pasukan Khusus Grup II Kandang Menjangan, Surakarta, Sersan Satu Santoso, 31 tahun. Korban tewas penyerbuan adalah Adrianus Candra Galaja, 24 tahun; Gameliel Yermiyanto (33); Yohanis Juan Manbait (37); dan Hendrik Sahetapy (38).(Cha/Aks/At)

Berita Terbaru

APBD Perubahan DKI Gunakan Pergub
APBD Perubahan yang juga menggunakan payung hukum Pergub

Sosok Ketua PSSI Baru Harus Ngerti Sepak Bola
Dalam konggres Luar Biasa PSSI di Surabaya 18 April 2015, sambungnya, harus bisa menghasilkan pemimpin yang bisa menyatukan seluruh persepakbolaan Indonesia

Satu dari Empat Korban Bom Tanah Abang Meninggal
"Korban meninggal karena mengalami infeksi yang luas pada sekujur tubuhnya,"

Pedagang Batu Akik Tewas Akibat Asap Obat Nyamuk
"Mereka itu memang tidur di dalam mobil setiap hari. Mereka sudah tiga bulan berdagang batu di pinggir jalan ini. Waktu "

DKI Tunggu UU soal Perda Miras
Selama ini, peredarannya masih diatur menggunakan Peraturan Presiden (Perpres) dan Peraturan Menteri (Permen).