INTERNASIONAL

Sabtu, 16/03/2013, 02:30
Paus Fransiskus Rendah Diri

INTERNASIONAL Paus Fransiskus, Vatikan
 

paus-fransiskus-rendah-diri Paus Fransiskus /ist
BERITA TERKAIT
 
Sejumlah peristiwa dan perilaku yang menyiratkan kesederhanaan dan kerendahan hati ditunjukkan ketika Paus Fransiskus tampil pertama kali di hadapan umum di Lapangan St Petrus.

Direktur pemberitaan Vatican, Pastor Federico Lombardi SJ mengutarakan bahwa ada sejumlah peristiwa unik bahkan menggelikan ketika Paus Fransiskus tampil di hadapan umum pada Rabu petang waktu setempat.

Lombardi yang juga Pastor dari serikat Jesus (Jesuit) mencatat bahwa perilaku Paus Fransiskus terbilang unik ketika ia meminta kepada umat agar mendoakan dia, sebagaimana dikutip dari laman Zenith.

Paus juga meninggalkan kesan sebagai pribadi yang sederhana dan pribadi yang hangat.

"Sebagai seorang Paus yang baru terpilih, ia tidak mengenakan busana kebesaran berwarna merah ketika muncul pertama kali di hadapan umum. Ia justru lebih memilih untuk memakai pakaian sederhana sebagaimana layaknya busana uskup dan kardinal di Buenos Aires, Argentina," katanya.

"Ia juga memilih nama Fransiskus, setelah santo (orang kudus dalam iman kepercayaan Katolik) Fransiskus Assisi, sosok orang suci yang mengabdikan hidupnya  bagi kemiskinan yang radikal," kata Lombardi.

Juru bicara Vatican itu juga mengklarifikasi bahwa pilihan nama Fransiskus, bukan Fransiskus I, didasari oleh sikap rendah hati bahwa ia ingin meneladan  hidup Fransiskus dari Asisi.

Perilaku unik yang juga ditunjukkan oleh Paus Fransiskus, kata Lombardi, terjadi pada Rabu sesudah pengumuman di kapel Sistina. Ketika para kardinal akan memberi selamat atas pengangkatan dia sebagai paus, ternyata Paus Fransiskus lebih dulu mendatangi para kardinal.

Ketika kendaraan kepausan telah bersiap membawa dia kembali ke tempat kediamannya (Domus Sanctae Marthae), Paus Fransiskus justru memilih naik minibus yang mengangkut para kardinal lainnya.

Kardinal Timothy Dolan dari New York juga mengutarakan kesaksian itu kepada para wartawan. Para kardinal berharap kepada Paus Fransiskus untuk naik limusin yang telah disediakan.

Ketika rombongan kardinal tiba di Istana Apostolik, siapa yang keluar dari bus pertama kali?

"Ketika bus terakhir parkir di istana itu, silakan terka siapa yang lebih dulu keluar dari bus itu? Dia adalah Paus Fransiskus. Saya membayangkan bahwa ia akan berkata kepada sang sopir bus, tidak ada masalah, saya akan bersama mereka," kata Kardinal Dolan kepada para wartawan.

Kardinal Dolan juga punya kesan unik mengenai Paus Fransiskus ketika berbicara kepada para kardinal. "Saya akan tidur nyenyak malam ini, dan saya berharap hal yang sama juga anda (para kardinal) alami," katanya juga.

Kardinal Dolan juga melukiskan peristiwa unik di kapel Sistina ketika Kardinal Bergoglio mendulang suara mayoritas dalam pemilihan paus.

"Kami (para kardinal) mulai memberi aplaus, kemudian terhenti sejenak ketika suara mulai dihitung kemudian memberi aplaus lagi," kata Dolan. "Aplaus dilanjutkan lagi ketika ia (Bergoglio) menerima hasil pemilihan itu." (fat/at)

Belum Ada Komentar Buat Berita Ini

Kirim Komentar Anda


Komentar

Berita Terbaru

Kasus Arsyad, Media Sosial dan Pencitraan
Kasus Muhammad Arsyad bakal dijadikan moment bagi Jokowi untuk menaikkan citranya, menjelang kenaikan harga BBM.

Suryadharma Ali: Mari Rapatkan Barisan untuk Tujuan Bersama
Selamat muktamar dan menghasilkan hasil yang membanggakan untuk Indonesia ke depan

Masyarakat Inginkan Reshuffle Kabinet, Jika..
Penilaian positif atas kabinet Jokowi lebih banyak dipengaruhi oleh kepercayaan publik atas pribadi dan perilaku Jokowi itu sendiri.

Teuku Riefky Harsya, Ketua Komisi X DPR RI
Keputusan tersebut diambil dalam rapat pemilihan dan penetapan pimpinan Komisi X yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah.

Madrid Bekuk Cornella 4-1
Real Madrid menang 4-1 atas UD Cornella pada pertandingan pertama Copa del Rey putaran keempat yang dimainkan pada Kamis (30/10/2014) WIB.