INTERNASIONAL

Sabtu, 16/03/2013, 02:30
Paus Fransiskus Rendah Diri

INTERNASIONAL Paus Fransiskus, Vatikan
 

paus-fransiskus-rendah-diri Paus Fransiskus /ist
BERITA TERKAIT
 
Sejumlah peristiwa dan perilaku yang menyiratkan kesederhanaan dan kerendahan hati ditunjukkan ketika Paus Fransiskus tampil pertama kali di hadapan umum di Lapangan St Petrus.

Direktur pemberitaan Vatican, Pastor Federico Lombardi SJ mengutarakan bahwa ada sejumlah peristiwa unik bahkan menggelikan ketika Paus Fransiskus tampil di hadapan umum pada Rabu petang waktu setempat.

Lombardi yang juga Pastor dari serikat Jesus (Jesuit) mencatat bahwa perilaku Paus Fransiskus terbilang unik ketika ia meminta kepada umat agar mendoakan dia, sebagaimana dikutip dari laman Zenith.

Paus juga meninggalkan kesan sebagai pribadi yang sederhana dan pribadi yang hangat.

"Sebagai seorang Paus yang baru terpilih, ia tidak mengenakan busana kebesaran berwarna merah ketika muncul pertama kali di hadapan umum. Ia justru lebih memilih untuk memakai pakaian sederhana sebagaimana layaknya busana uskup dan kardinal di Buenos Aires, Argentina," katanya.

"Ia juga memilih nama Fransiskus, setelah santo (orang kudus dalam iman kepercayaan Katolik) Fransiskus Assisi, sosok orang suci yang mengabdikan hidupnya  bagi kemiskinan yang radikal," kata Lombardi.

Juru bicara Vatican itu juga mengklarifikasi bahwa pilihan nama Fransiskus, bukan Fransiskus I, didasari oleh sikap rendah hati bahwa ia ingin meneladan  hidup Fransiskus dari Asisi.

Perilaku unik yang juga ditunjukkan oleh Paus Fransiskus, kata Lombardi, terjadi pada Rabu sesudah pengumuman di kapel Sistina. Ketika para kardinal akan memberi selamat atas pengangkatan dia sebagai paus, ternyata Paus Fransiskus lebih dulu mendatangi para kardinal.

Ketika kendaraan kepausan telah bersiap membawa dia kembali ke tempat kediamannya (Domus Sanctae Marthae), Paus Fransiskus justru memilih naik minibus yang mengangkut para kardinal lainnya.

Kardinal Timothy Dolan dari New York juga mengutarakan kesaksian itu kepada para wartawan. Para kardinal berharap kepada Paus Fransiskus untuk naik limusin yang telah disediakan.

Ketika rombongan kardinal tiba di Istana Apostolik, siapa yang keluar dari bus pertama kali?

"Ketika bus terakhir parkir di istana itu, silakan terka siapa yang lebih dulu keluar dari bus itu? Dia adalah Paus Fransiskus. Saya membayangkan bahwa ia akan berkata kepada sang sopir bus, tidak ada masalah, saya akan bersama mereka," kata Kardinal Dolan kepada para wartawan.

Kardinal Dolan juga punya kesan unik mengenai Paus Fransiskus ketika berbicara kepada para kardinal. "Saya akan tidur nyenyak malam ini, dan saya berharap hal yang sama juga anda (para kardinal) alami," katanya juga.

Kardinal Dolan juga melukiskan peristiwa unik di kapel Sistina ketika Kardinal Bergoglio mendulang suara mayoritas dalam pemilihan paus.

"Kami (para kardinal) mulai memberi aplaus, kemudian terhenti sejenak ketika suara mulai dihitung kemudian memberi aplaus lagi," kata Dolan. "Aplaus dilanjutkan lagi ketika ia (Bergoglio) menerima hasil pemilihan itu." (fat/at)

Berita Terbaru

Jokowi Belum Diperiksa, Kasus Tabloid Obor Rakyat Ngambang
"Nah sekarang timses berkoordinasi dengan penyidik. Kita menunggu siapnya beliau,"

Pengacara Nilai Dakwaan JPU Tak Tepat
"Perencanaan itu tidak tertulis lengkap dalam dakwaan. Adanya hanya kronologi penculikan,"

Pemprov DKI Dapat Tambahan 1.000 Formasi CPNS
Kendati demikian, Made belum bisa memastikan kapan pendaftaran CPNS tahun ini dibuka

Pekan Depan, Timnas U-19 Bertolak ke Spanyol
"Inggris dan Italia saat ini sedang musim dingin. Tapi nanti ada klub Inggris yang akan beruji tanding dengan kita,"

Lawan Jerman, Argentina Tanpa Messi
Laga Argentina versus Jerman merupakan merupakan partai ulangan final Piala Dunia 2014 di Brasil, Juni lalu.