SOSIAL

Kamis, 04/07/2013, 19:30
Ketum Muhammadiyah: Kami Mulai Puasa Tanggal 9 Juli 2013

SOSIAL Puasa, 1 Ramadhan 1434 Hijriyah
 

ketum-muhammadiyah-kami-mulai-puasa-tanggal-9-juli-2013 Ketum PP Muhammaddiyah Din Syamsuddin/ist
BERITA TERKAIT
 
Meski belum ada ketetapan dari pemerintah, Ketua Umum (Ketum) Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Din Syamsuddin mengatakan warga Muhammadiyah akan menjalankan ibadah puasa Ramadhan pada Selasa 9 Juli 2013 mendatang.

Hal itu diungkapkan Din seusai acara penyaluran dana kebajikan kepada mitra amal dan sosial di Jakarta, Kamis (4/07). "Sesuai dengan pendekatan yang ditempuh Muhammadiyah dari dulu hingga sekarang, kami mulai puasa tanggal 9 Juli 2013," kata Din.

Din menuturkan, ketentuan 1 Ramadhan dari perspektif Muhammadiyah ditentukan melalui rotasi bulan, bumi dan matahari. Ia menjelaskan, mengacu pada ilmu falaq, habisnya bulan Sya'ban dapat dibaca dari perhitungan peredaran bulan, bumi dan matahari yang pada 8 Juli 2013, pukul 02.00 WIB berada pada garis lurus.

"Itulah pertanda bulan sebelumnya, bulan Sya'ban berakhir," tukas Din.

Din menilai, perhitungan hilal sudah bisa diprediksikan sebelumnya, tanpa dipengaruhi oleh faktor alam lainnya. "Maka ini tidak perlu dilihat lagi dan dikaitkan dengan iklim tropis, perubahan cuaca ataupun pemanasan global. Kapan awal puasa pada 100 tahun yang akan datang juga sudah bisa diprediksi karena pendekatannya eksak," terang Din.

Ramadhan kali ini, Din melanjutkan, akan berlangsung selama 30 hari, sebab bulan sebelumnya yaitu Sya'ban hanya 29 hari. Jadi warga Muhammadiyah menetapkan 1 Syawal atau Idul Fitri 1434 Hijriyah jatuh pada Kamis, 8 Agustus 2013. (ali)


Berita Terbaru

Muenchen Vs Roma, Guardiola Yakin Menang
"Saat ini, kami bermain lebih baik di babak yang sama dibanding musim lalu,"

Pengamat: Nasib Jokowi Bisa Berakhir Tragis
"Jadi bukan tak mungkin, sekarang dia dipuja-puja, nanti di caci maki,"

Frustasi Sakit Tak Sembuh, Kakek 78 Tahun Lompat dari Lantai 15
"Korban langsung tewas dengan luka parah di bagian kepalanya,”

Jika Perppu Pilkada Ditolak DPR, Reputasi SBY Bisa Merosot
"Baik atau buruknya kinerja SBY selama 10 tahun di bidang politik dan demokrasi, tergantung dari nasib Perppu Pilkada langsung,"

Hanya Kelelahan, JK Bantah Sakit
Jusuf Kalla mengaku memang merasa letih setelah bersama Jokowi naik kereta kuda seusai pelantikan presiden dan wakil presiden di Gedung MPR.