TRAVEL

Jumat, 20/09/2013, 06:30
Tempat Ibadah Agama Budha Paling Terkenal di Dunia

TRAVEL Travel
 

tempat-ibadah-agama-budha-paling-terkenal-di-dunia Candi Borobudur
BERITA TERKAIT
 
Tempat sakral agama Budha ini terkenal akan keindahan panorama dan sejarahnya.

Tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara, lima tempat ibadah di bawah ini dapat dikatakan juga sebagai salah satu tempat kunjungan terfavorit di dunia.

1. Borobudur
Candi megah yang masuk dalam 7 keajaiban dunia ini didirikan oleh kerajaan Sailendra pada abad ke-8 hingga ke-9 yang diperkirakan memakan waktu 75 tahun. Diprediksi ada sekitar 2 juta batu untuk mendirikan candi dengan tinggi 35 meter dan luas 123 x 123 meter.

2. Bagan
Komplek candi Budha yang terletak di tepi sungai Ayerwaddy, Mandalay, Burma. Dari abad kesembilan hingga 13, kota ini menjadi ibukota Kerajaan Pagan, karenanya disebut juga Pagan. Dahulu jumlah candi Budha di sini mencapai 10 ribu lebih termasuk pagoda dan kuil. Tapi sekarang tinggal 2.200 candi dan pagoda. Hal ini karena bencana alam seperti gempa bumi dan sebagainya.

3. Shwedagon Pagoda
Berada di Yangon, Burma, Shwedagon Pagoda diyakini didirikan oleh bangsa Mon pada periode Bagan yakni sekitar abad keenam - sepuluh. Komplek candi ini gemerlap dan stupa-stupanya berwarna emas. Tapi yang menjadi pusat perhatian adalah stupa utama setinggi 99 meter yang seluruhnya dilapisi emas.

4. Candi Mahabodhi
Sejauh 96 km dari Patna, Bihar, India, berada candi Mahabodhi. Di sana ada pohon Bodhi yang terkenal, karena di tempat itu Siddhartha Gautama mendapatkan pencerahan setelah bermeditasi tiga hari tiga malam. Mahabodhi dibangun oleh Kerajaan Ashoka pada 260 bc. Menara tertingginya 55 meter.

5. Boudhanath
Menjadi salah satu stupa terbesar di dunia. Terletak di pinggiran kota Kathmandu, Nepal. Juga terkenal dengan sebutan mata Budha, karena mata Budha tergambar dalam empat sisi menaranya. Stupa ini dibangun pada abad ke-14. (ang/ghi)

Berita Terbaru

Prasetyo Edi Marsudi Ketua DPRD DKI 2014-2019
Prasetyo Edi Marsudi dari PDIP terpilih sebagai Ketua DPRD DKI periode 2014-2019.

Penyerapan Anggaran DKI Masih Rendah
Penyebab masih rendahnya penyerapan anggaran yaitu banyak kegiatan yang masih berproses di Unit Layanan Pengadaan Barang dan Jasa

Madrid Menang Telak 5-1 Atas Basel
Nacho membuka keunggulan Madrid 1-0 pada menit ke-14, kemudian Bale dilanjutkan Cristiano Ronaldo serta James Rodrriguez mengubah kedudukan menjadi 4-0.

KPK Periksa Djoko Suyanto Terkait Jero
Total dana yang diduga diterima oleh Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat itu adalah Rp 9,9 miliar.

16 Menteri Jokowi dari Parpol
Ia tidak menyebutkan alasan spesifik mengapa dirinya memutuskan 16 menterinya akan dijabat oleh kader parta