KESEHATAN

Sabtu, 31/05/2014, 17:47
Hindari Konsumsi Susu Setelah Minum Obat

KESEHATAN Kesehatan
 

hindari-konsumsi-susu-setelah-minum-obat ilustrasi
BERITA TERKAIT
 
Ada beberapa jenis obat yang sebaiknya tak dikonsumsi berdekatan waktunya dengan jenis minuman atau makanan tertentu. Mengapa? Sebab dikhawatirkan kandungan zat yang ada di dalamnya malah akan menimbulkan reaksi berbahaya, dan beracun. Hal itu ditegaskan oleh Jen Wolfe, Pharm.D, seorang Konsultan Apoteker Farmasi.

Makanan dan minuman apa saja yang berbahaya bila dipadukan dengan obat tertentu? Ini diantaranya seperti dilansir oleh laman Menshealth:

Obat batuk dan jeruk

Buah jeruk memang menyehatkan, namun bila Anda sedang sakit dan harus mengonsumsi obat batuk, sebaiknya hindari dulu buah yang satu ini. Bahkan dikatakan bahwa efek jus jeruk dapat menjadi buruk bila dikonsumsi bersama dengan 50 jenis obat termasuk obat tekanan darah tinggi, statin. Ia akan meningkatkan efek samping obat, menyebabkan halusinasi, kerusakan otot, serta rasa ngantuk berlebihan.

Antibiotik dan susu

Minum susu setelah konsumsi obat sudah lama dilarang, sebab dapat mengganggu proses penyerapan obat oleh tubuh. Termasuk pada obat jenis antibiotik Cipro, tetra, dan fluoroquinolones, yang berakibat efektifitas melawan infeksi jadi menurun.

Antidepresan dan daging

Jika Anda rutin mengonsumsi jenis obat antidepresan, maka hindari daging dalam rentang beberapa jam. Terutama obat yang termasuk monoamine oxidase inhibitor atau MAOIs-merek Marplan, Nardil, Emsam, atau Parnate.

Obat alergi dan apel

Obat untuk alergi sebaiknya tak dikonsumsi bersamaan dengan buah apel atau jus apel sebab dapat menghambat penyerapannya. 4 jam usai minum obat tersebut, baru Anda boleh kembali menikmati buah tersebut.

Warfarin dan kayu manis

Kombinasi kedua zat ini dapat memicu kerusakan lever atau hati. (ang)


Berita Terbaru

101.906 Peserta Lulus SNMPTN 2017
Kementerian Riset,Teknologi dan Pendidikan Tinggi menyiapkan bantuan biaya pendidikan bagi murid kurang mampu lewat program Bidikmisi

Pilkada Serentak 2018 Jatuh Pada 27 Juni 2018
penentuan tanggal tersebut sebelumnya telah diputuskan oleh KPU melalui rapat pleno

Aksi Iwan Fals Meriahkan Munas OI di Lampung
Dalam aksi panggungnya, Iwan Fals yang berduet dengan Gubernur Lampung menyanyikan lagu "Manusia Setengah Dewa" dan "Asyik Gak Asyik"

Gol Sanchez Bawa Arsenal ke Final Piala FA
Di final nanti, mereka akan berhadapan dengan Chelsea, yang sebelumnya mengalahkan Tottenham Hotspurs 4-2.

Barca Geser Madrid di Puncak Klasemen
Dengan raihan angka sama, Madrid pun tergusur ke posisi kedua.