TRAVEL SOSIAL PENDIDIKAN GAYA HIDUP BERITA ANDA KONGKOW METRO ROAD TO GERMANY

GAYA HIDUP

Senin, 30/06/2014, 16:40
Bahaya Tidur Terlalu Lama Saat Puasa

GAYA HIDUP Gaya Hidup
 

bahaya-tidur-terlalu-lama-saat-puasa ilustrasi
BERITA TERKAIT
 
Walau puasa pertama jatuh tepat di hari libur, tidak lantas membuat Anda bermalas-malasan. Segera urungkan niat Anda untuk menghabiskan waktu dengan tidur hingga waktu berbuka puasa tiba.

Sebab, baru-baru ini diketahui bahwa hal itu berbahaya bagi kesehatan, baik fisik maupun mental. Penelitian membuktikan, terlalu banyak tidur sama bahayanya dengan tidur yang kurang. Kedua hal itu sama-sama dapat menumpulkan kemampuan otak.

Hasil itu didapat oleh peneliti dari University of Warwick yang menguji kesehatan sekitar 9 ribu lansia selama sebulan. Lansia yang berusia 65 hingga 89 tahun disarankan tidak tidur terlalu lama.

"Jumlah tidur yang kita butuhkan, dan dampaknya terhadap tubuh maupun otak, berubah seiring usia," kata Dr Michelle Miller, salah satu peneliti, seperti dikutip dari Daily Mail. Waktu tidur lansia harus pas.

Penulis penelitian, Profesor Francesco Cappuccio melanjutkan, jika bisa tidur sesuai kebutuhan, penurunan mental bisa dicegah. Begitu pula dengan demensia, yang umumnya menjadi masalah para lansia.

Miller dan Cappuccio mengakui, tidur 6-8 jam memang penting bagi tubuh dan mental. Akan tetapi, ukuran itu hanya optimal untuk usia dewasa muda.

Tidur yang cukup dapat mencegah berbagai penyakit seperti obesitas, diabetes, hipertensi, penyakit jantung, dan stroke. Ketika tidur, tubuh akan menyingkirkan racun berbahaya yang terakumulasi dari siang.

Pada lansia, tidur yang terlalu lama justru dapat menimbulkan masalah bagi mereka. Peneliti menjelaskan bahwa penyebabnya bisa saja dikarenakan kualitas tidur yang berkurang akibat waktu yang terlalu lama. Akhirnya, tidur menjadi gelisah.

Sementara itu, tidur gelisah dapat mengganggu memori, mengecilkan otak, dan menyebabkan stress. Penelitian terdahulu juga menyebutkan kalau tidur berlebihan dapat memicu penyakit jantung dan diabetes. (ang)

Berita Terbaru

Vettel Juara GP Australia
"Hari ini sangat indah. Terima kasih semuanya,"

Polres Jakbar Telusuri Kasus Narkoba Ridho Rhoma
Saat digeledah di mobilnya kami temukan satu paket shabu seberat 0,76 gram

Susanto, Pemilik 30 Kilogram Shabu Dituntut Mati
Pekerjaan terdakwa, termasuk jaringan Internasional (antar Negara) dan bertentangan dengan program pemerintah Indonesia

Jamu Valencia, Peluang Barca Raih Poin Penuh
Kemenangan jadi kewajiban untuk kami, guna menjaga potensi untuk menelikung Madrid di klasemen

Menerima Shabu 500 Gram, Juwita Divonis Penjara 12 Tahun
"Terima kasih Bapak Hakim. Saya menerima putusan 12 tahun penjara ini,"