ANEH

Selasa, 08/07/2014, 20:48
Pemimpin Yahudi Ikut Berpuasa Selama Bulan Ramadan

ANEH Aneh
 

pemimpin-yahudi-ikut-berpuasa-selama-bulan-ramadan Natan Levy
BERITA TERKAIT
 
Rabbi (pemuka Yahudi) Natan Levy, asal London, Inggris, ikut berpuasa Ramadan untuk meningkatkan pengertian antar umat Yahudi dengan Muslim.

Rabbi Natan Levy membuat banyak umat Yahudi merasa tercengang karena ia berpuasa di bulan suci umat Islam, Ramadan. Seperti umat Muslim lain di seluruh dunia, ia tak akan makan atau minum dari terbit fajar hingga terbenam matahari, serta menjauhi segala larangan lainnya selama 30 hari.

Pemimpin Yahudi berusia 40 tahun ini mengatakan, ia terdorong untuk ikut serta dalam usaha mendamaikan Yahudi dan Muslim setelah menjadi saksi mata atas kurangnya pengertian antara umat dua kepercayaan tersebut.

Ia juga bersemangat untuk melawan isu negatif dari ISIS dan kelompok radikal Islam setelah seorang Yahudi muda melihat seorang Muslim sedang beribadah dan berujung pada penembakan yang dianggap sebagai bentuk pengamanan.

"Saya berharap hal ini membuat kita berpikir dan bersikap sebagai sebuah komunitas dari dua hal; masyarakat miskin kita, baik yang Yahudi maupun non-Yahudi. Ramadan adalah waktu yang tepat untuk melakukan amal, masyarakat miskin peduli masyarakat miskin," ucapnya seperti dikutip dari International Bussines Times, Selasa (8/7/2014).

Levy yang merupakan salah satu pimpinan Dewan Deputi Yahudi Inggris, sebuah organisasi yang menghubungkan komunitas-komunitas Yahudi lokal mengaku bahwa tindakan yang pertama kali ia lakukan ini juga mendapat tantangan.

"Teman-teman Muslim saya mengatakan ini akan jadi lebih mudah setelah dua minggu, yang rasanya waktu yang sangat sangat panjang," ujarnya. "Tapi ini pilihan saya. Bayangkan, 1 juta orang di Inggris yang tidak bisa apa-apa kecuali berharap sumbangan makanan," tambah Levy.

"Selain itu, kami (Yahudi) juga punya puasa tersendiri bulan ini, 17 Tammuz, jadi kenapa tidak menambahnya beberapa hari lagi?" pungkasnya.

Meski tindakannya ini menimbulkan banyak perbincangan di masyarakat, ia terus mendorong orang lain untuk mengikuti langkahnya tersebut. (ang)


Berita Terbaru

Vettel Juara GP Australia
"Hari ini sangat indah. Terima kasih semuanya,"

Polres Jakbar Telusuri Kasus Narkoba Ridho Rhoma
Saat digeledah di mobilnya kami temukan satu paket shabu seberat 0,76 gram

Susanto, Pemilik 30 Kilogram Shabu Dituntut Mati
Pekerjaan terdakwa, termasuk jaringan Internasional (antar Negara) dan bertentangan dengan program pemerintah Indonesia

Jamu Valencia, Peluang Barca Raih Poin Penuh
Kemenangan jadi kewajiban untuk kami, guna menjaga potensi untuk menelikung Madrid di klasemen

Menerima Shabu 500 Gram, Juwita Divonis Penjara 12 Tahun
"Terima kasih Bapak Hakim. Saya menerima putusan 12 tahun penjara ini,"