TRAVEL SOSIAL PENDIDIKAN GAYA HIDUP BERITA ANDA KONGKOW METRO ROAD TO GERMANY

KONGKOW

Kamis, 11/09/2014, 20:02
Prof. Agus Dwiyanto: Mengembalikan Reformasi Birokrasi ke Jalur yang Benar

KONGKOW pilpres
 

Prof.-Agus-Dwiyanto-Mengembalikan-Reformasi-Birokrasi-ke-Jalur-yang-Benar ist
BERITA TERKAIT
 

NameAda beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk mengembalikan Reformasi Birokrasi ke jalur yang benar.

Demikian diutarakan Prof.DR.Agus Dwiyanto, MPA dalam orasi ilmiah pada Acara Penganugerahan MIPI di Jakarta (28/8/2014) lalu. 

Reformasi Birokrasi, kata Agus, harus kontekstual dan melibatkan para pemangku kepentingan, sehingga akan mendorong terjadinya perubahan substansial dalam setiap kementerian dan lembaga.

Dirinya mendorong pemerintahan baru di era Presiden dan Wakil Presiden terpilih Jokowi-JK harus melanjutkan efektivitas pelaksanaan Reformasi Birokrasi yang saat ini tengah berjalan.

Pasalnya, masih banyak kelemahan mendasar yang subtantif di lapangan mengenai kebijakan Reformasi Birokrasi.

"Pemerintah mendatang perlu melakukan beberapa hal dalam mengembalikan Reformasi Birokrasi ke jalur yang benar di antaranya adalah mengaitkan pelaksaan Reformasi Birokrasi dengan pencegahan korupsi melalui pengembangan sistim integritas di masing-masing kementrian atau lembaga," ujarnya.

Beberapa kelemahan yang dimaksud, sambungnya, pertama, kebijakan melakukan perbaikan pada delapan area perubahan yang saat ini telah kehilangan konteks karena masalah dan tantangan yang berbeda di setiap instansi.

Kedua, kebijakan Reformasi Birokrasi yang menuntut pembuatan dokumen begitu banyak sehingga membuat fokus intansi lebih kepada penyiapan dokumen daripada mengurus perubahan.

Ketiga, pemahaman para pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) bahwa program Reformasi Birokrasi lebih sebagai perbaikan tambahan penghasilan (renumerasi) daripada perubahan sikap dan perilaku mereka.

"Ini perlu merubah karakter pegawai ASN agar lebih sesuai karakternya sebagai pelayan publik dan memiliki kompetensi yang diperlukan untuk membawa Indonesia memasuki era globalisasi," tandasnya.(red)

 


Berita Terbaru

101.906 Peserta Lulus SNMPTN 2017
Kementerian Riset,Teknologi dan Pendidikan Tinggi menyiapkan bantuan biaya pendidikan bagi murid kurang mampu lewat program Bidikmisi

Pilkada Serentak 2018 Jatuh Pada 27 Juni 2018
penentuan tanggal tersebut sebelumnya telah diputuskan oleh KPU melalui rapat pleno

Aksi Iwan Fals Meriahkan Munas OI di Lampung
Dalam aksi panggungnya, Iwan Fals yang berduet dengan Gubernur Lampung menyanyikan lagu "Manusia Setengah Dewa" dan "Asyik Gak Asyik"

Gol Sanchez Bawa Arsenal ke Final Piala FA
Di final nanti, mereka akan berhadapan dengan Chelsea, yang sebelumnya mengalahkan Tottenham Hotspurs 4-2.

Barca Geser Madrid di Puncak Klasemen
Dengan raihan angka sama, Madrid pun tergusur ke posisi kedua.