TEKNOLOGI

Senin, 14/03/2016, 10:04
Menutup Aplikasi bukan Berarti Menghemat Baterai

TEKNOLOGI
 

menutup-aplikasi-bukan-berarti-menghemat-baterai Ilustrasi
 
Ini merupakan pertanyaan yang tampaknya sangat mengganggu pengguna smartphone - apa yang terjadi pada sebuah aplikasi ketika ditutup, apakah itu akan menghemat daya tahan baterai.

Banyak argumen mengenai pertanyaan tersebut, sehingga salah seorang pengguna iPhone, Caleb, memutuskan untuk bertanya langsung kepada CEO Apple, Tim Cook.

Merupakan kesempatan langka, email Caleb mendapat respon dari pihak Apple. Meski bukan dari Tim Cook, pertanyaan Caleb dijawab oleh Senior Vice President Software Apple, Craig Federighi, yang bahkan bisa dibilang lebih "memenuhi syarat" untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Jawaban dari Craig sangat singkat. Tanpa ragu dia membalas "No" (tidak).

Tanggapan itu bisa dikatakan sikap agak resmi pertama yang pernah diambil Apple untuk isu tersebut. Dan, jawabannya mirip dengan tanggapan email yang sering dikirm Steve Jobs dulu.

Satu hal yang kurang dari tanggapan tersebut, menurut GSM Arena, adalah bentuk klarifikasi.

GSM Arena menyebutkan menutup aplikasi memang tidak banyak mempengaruhi daya tahan baterai, namun untuk aplikasi yang memiliki sinkronisasi pembaruan, masih memakan baterai dan paket data, sebagai contoh aplikasi Facebook.

Untungnya, iOS memiliki menu Background App Refresh (dapat ditemukan di Settings > General) untuk membantu pengguna mengatur daya tahan baterai dan paket data.(Ap/Ans)

Berita Terbaru

101.906 Peserta Lulus SNMPTN 2017
Kementerian Riset,Teknologi dan Pendidikan Tinggi menyiapkan bantuan biaya pendidikan bagi murid kurang mampu lewat program Bidikmisi

Pilkada Serentak 2018 Jatuh Pada 27 Juni 2018
penentuan tanggal tersebut sebelumnya telah diputuskan oleh KPU melalui rapat pleno

Aksi Iwan Fals Meriahkan Munas OI di Lampung
Dalam aksi panggungnya, Iwan Fals yang berduet dengan Gubernur Lampung menyanyikan lagu "Manusia Setengah Dewa" dan "Asyik Gak Asyik"

Gol Sanchez Bawa Arsenal ke Final Piala FA
Di final nanti, mereka akan berhadapan dengan Chelsea, yang sebelumnya mengalahkan Tottenham Hotspurs 4-2.

Barca Geser Madrid di Puncak Klasemen
Dengan raihan angka sama, Madrid pun tergusur ke posisi kedua.