TEKNOLOGI

Senin, 07/03/2016, 20:10
NASA Bakal Ungkap Misteri Matahari Saat GMT

TEKNOLOGI Gerhana Mtahari Total (GMT), Maluku, NASA
 

nasa-bakal-ungkap-misteri-matahari-saat-gmt Gerhana Matahari Total/Ilustrasi
BERITA TERKAIT
 
Peristiwa terjadinya Gerhana Matahari Total (GMT) bakal dimanfaatkan peneliti Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), untuk menguak misteri matahari.

Peneliti NASA secara khusus akan mengambil data dari bagian terdalam matahari yang mudah menguap, yakni atmosfer matahari, dengan menggunakan alat baru bernama Coronagraph.

"Gerhana matahari total memberikan kesempatan bagi kita untuk melihat bagian matahari secara lebih dekat," ujar peneliti NASA dari Goddard Space Flight Center Nelson Reginald, seperti dikutip dari laman Phys.org, Senin (7/3).

Diungkapkan Reginald, bagian atmosfer matahari yang secara ilmiah menarik untuk diamati adalah korona. Sebab, bagian itu diperkirakan merupakan kunci dari misteri matahari, mulai dari percepatan angin matahari sampai ledakan kelahiran awan matahari yang disebut coronal mass ejection.

Rencananya, peneltian ini akan dilakukan di Maluku Utara, Indonesia, karena akses yang lebih mudah dan kemungkinan kondisi langit yang cerah pada saat terjadinya gerhana matahari total. (rob)


Berita Terbaru

101.906 Peserta Lulus SNMPTN 2017
Kementerian Riset,Teknologi dan Pendidikan Tinggi menyiapkan bantuan biaya pendidikan bagi murid kurang mampu lewat program Bidikmisi

Pilkada Serentak 2018 Jatuh Pada 27 Juni 2018
penentuan tanggal tersebut sebelumnya telah diputuskan oleh KPU melalui rapat pleno

Aksi Iwan Fals Meriahkan Munas OI di Lampung
Dalam aksi panggungnya, Iwan Fals yang berduet dengan Gubernur Lampung menyanyikan lagu "Manusia Setengah Dewa" dan "Asyik Gak Asyik"

Gol Sanchez Bawa Arsenal ke Final Piala FA
Di final nanti, mereka akan berhadapan dengan Chelsea, yang sebelumnya mengalahkan Tottenham Hotspurs 4-2.

Barca Geser Madrid di Puncak Klasemen
Dengan raihan angka sama, Madrid pun tergusur ke posisi kedua.