EKONOMI

Jumat, 01/07/2016, 01:00
Perlunya Sosialisasi Daging Sapi Sehat dan Murah ke Masyarakat

EKONOMI daging sapi, PT. Estika Tata Tiara
 

perlunya-sosialisasi-daging-sapi-sehat-dan-murah-ke-masyarakat Pedagang daging sapi/Ist
BERITA TERKAIT
 
Di tengah tingginya tingkat kiebutuhan konsumsi daging segar menjelang saat Ramadhan dan menjelang Idul Fitri, masyarakat perlu diberi pengetahuan tentang jenis daging sapi segar dan higienis yang dijual di pasaran.

"Masyarakat perlu disosialisasikan tentang daging sapi agar konsumen dapat memilih daging yang bermutu seperti daging beku, sehat dan higienis sehingga aman dikonsumsi," ujar Wiryo Subagyo, Dirut PT. Estika Tata Tiara yang bergerak di bidang distributor daging dan daging olahan, Kamis (30/6).  

Menurut Wiryo, ada lima jenis daging sapi dengan harga bervariasi, yaitu primary cut, secondary cut type A-B, manufacturing meat, fancy and variety meat, serta edible offal.

"Jenis secondary cut type A-B adalah yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia untuk masakan rendang, semur, dendeng, sandung lamur, rawon, dan abon sapi," jelas Wiryo.

"Harganya sangat terjangkau, pada kisaran Rp80.000 hingga Rp115.000 per kilogram, lebih murah daripada daging lokal," sambungnya.

Selanjutnya tipe manufacturing meat atau daging industri, yaitu tetelan 65-95 CL, daging dadu, dan daging giling yang dijual seharga Rp 40 ribu sampai Rp 60 ribu per kg.

Jenis fancy and variety meat (daging variasi) seperti lidah, bibir, buntut, dan daging kepala dijual Rp 65 ribu sampai Rp 100 ribu per kg.

Sedangkan yang paling murah adalah daging sapi jenis edible offal atau jeroan seperti hati, usus, limpa, paru, otak, jantung, dan babat yang dijual pada kisaran harga Rp 30 ribu hingga Rp 40 ribu per kg.

Diungkapkan Wiryo, setiap tahun Indonesia masih membutuhkan 600 ribu ekor sapi impor untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri.

"Impor diperlukan karena jumlah sapi di Indonesia hanya sekitar 14 juta ekor dengan jumlah peternak sebanyak 5 juta orang. Jumlah peternak komersial di Indonesia kurang dari 5 persen dari 5 juta peternak," ungkapnya. (ans/aef)


Berita Terbaru

Strategi JSI Kembali Teruji di Pilkada 2017
Lembaga survei dan konsultan politik Jaringan Suara Indonesia (JSI) kembali mencatatkan kemenangan di pemilihan langsung kepala daerah (pilkada) serentak 2017

Aksi Heroik Pasukan Orange Saat Banjir
Seolah tiada lelah, petugas PPSU terus bekerja dengan keikhlasan,ketulusan dan tanpa pamrih membantu warga Ibukota.

Lurah Pekojan Pantau Genangan di Wilayahnya
Titik banjir sudah tak ada lagi. Genangan yang ada pun kemarin sudah cepat surut,

Arsenal Dibantai Muenchen 5-1
Kemenangan besar Muenchen ini membuat Arsenal sulit melangkah ke babak delapan final

AHY Ngaku Kalah dan Tetap Bersyukur
Saya bangga kepada para pendukung, tetaplah tegar jangan kecil hati. Percayalah semua ada hikmahnya,