TRAVEL SOSIAL PENDIDIKAN GAYA HIDUP BERITA ANDA KONGKOW METRO ROAD TO GERMANY

METRO

Kamis, 29/09/2016, 17:03
37 Kelurahan Jadi Lokasi Banjir Baru di Jakarta

METRO Banjir, Pemprov DKI, BPBD DKI
 

37-kelurahan-jadi-lokasi-banjir-baru-di-jakarta Banjir di sudut jaan Ibukota
BERITA TERKAIT
 
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta merilis, ada 37 kelurahan yang awalnya bebas banjir, tahun ini menjadi wilayah yang terendam banjir. Sebaliknya, 66 kelurahan yang dulunya langganan banjir, sekarang sudah terbebas dari banjir.   

"Sebagian besar genangan baru terjadi di wilayah Jakarta Selatan," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Deny Wahyu Haryanto, pada acara diskusi antisipasi cuaca ekstrim yang digelar Dinas Kominfomas DKI Jakarta di Balaikota, Kamis (29/9).

Diungkapkan Deny, hingga 2016 ini tercatat sebanyak 27,2 persen wilayah atau 71 dari 267 kelurahan di DKI Jakarta masih terdampak bencana banjir.

Dibanding tahun lalu, lanjut Deny, kasus banjir di Jakarta mengalami penurunan pada 2016 ini. "Hingga Agustus 2016 tercatat ada sekitar 700 kasus banjir. Jumlahnya menurun dibanding periode sama tahun lalu mencapai 889 kasus," papar Deny
 
Untuk mengantisipasi banjir, ucap Deny, BPBD DKI telah memperkuat sistem peringatan dini banjir melalui sistem audio yang dipasang di daerah rawan banjir serta menyiapkan relawan terlatih untuk penanganan banjir.

Sementara itu, Dinas PU Tata Air DKI telah menyiapkan Satgas dan PHL sebanyak 2.127 personil, armada alat berat 149 unit, 280 unit dump truck untuk mengantisipasi kasus banjir tahun ini.

"Kami juga sudah perbaiki pompa yang rusak, pengerukan kali, pengerukan waduk, pengerukan saluran, pemasangan sheet pile di sejumlah kali. Termasuk membenahi sejumlah tali air agar kembali berfungsi normal," ujar Kepala Dinas PU Tata Air DKI, Teguh Hendarwan.

Kepala Dinas Kominfomas Dian Ekowati menambahkan, informasi tentang cuaca ekstrem yang kemungkinan akan terjadi di Jakarta ini perlu disampaikan ke masyarakat.

"Cuaca ekstrim yang terjadi pada akhir 2016 hingga awal 2017 akan sering terjadi curah hujan berkepanjangan mencapai 112 persen di atas normal. Masyarakat perlu mendapatkan informasi tersebut," tandasnya. (ans/tom)
 

Berita Terbaru

Vettel Juara GP Australia
"Hari ini sangat indah. Terima kasih semuanya,"

Polres Jakbar Telusuri Kasus Narkoba Ridho Rhoma
Saat digeledah di mobilnya kami temukan satu paket shabu seberat 0,76 gram

Susanto, Pemilik 30 Kilogram Shabu Dituntut Mati
Pekerjaan terdakwa, termasuk jaringan Internasional (antar Negara) dan bertentangan dengan program pemerintah Indonesia

Jamu Valencia, Peluang Barca Raih Poin Penuh
Kemenangan jadi kewajiban untuk kami, guna menjaga potensi untuk menelikung Madrid di klasemen

Menerima Shabu 500 Gram, Juwita Divonis Penjara 12 Tahun
"Terima kasih Bapak Hakim. Saya menerima putusan 12 tahun penjara ini,"