HUKRIM KORUPSI

KORUPSI

Senin, 26/09/2016, 16:24
Politikus PDIP Divonis 4,5 Tahun Penjara

KORUPSI PN Jakpus, Damayanti, Korupsi, PDIP
 

politikus-pdip-divonis-45-tahun-penjara Politikus PDIP Damayanti Wisnu Putranti
BERITA TERKAIT
 
Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta yang diketuai Sumpeno, menjatuhkan hukuman  4,5 tahun penjara dan denda Rp500 juta atau subsider tiga bulan kurungan, untuk anggota Komisi V DPR dari Fraksi PDIP Damayanti Wisnu Putranti.

Majelis hakim menilai, secara hukum Damayanti terbukti menerima suap sebesar 278.700 ribu dolar Singapura dan Rp1 miliar Suap dari Direktur Utama PT Windhu Tunggal Utama Abdul Khoir,  sebagai betuk komisi dari pengurusan program aspirasi di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Terdakwa Damayanti Wisnu Putranti terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama," ungkap Hakim Sumpeno dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (25/9).
 
Vonis majelis hakim ini lebih rendah dari tuntutan JPU KPK  yang meminta hakim menjatuhi Damayanti hukuman enam tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider enam bulan kurungan serta pencabutan hak untuk dipilih dalam jabatan publik.

Menurut majelis, terdakwa Damayanti sudah menjadi kolaborator keadilan sesuai dengan surat keputusan Pimpinan KPK No Kep-911/01-55/08/2016 tanggal 19 Agustus 2016.

Damayanti, menurut majelis, telah membeberkan skenario pihak-pihak tertentu di Komisi V DPR dan Kementerian PUPR yang sudah ditetapkan sebagai tersangka yaitu Budi Supriyanto, Andi Taufan Tiro dan Amran Hi Mustary.

Dengan pertimbangan itulah, majelis bersepakat menolak tuntutan JPU agar mencabut hak politik Damayanti untuk dipilih dalam jabatan publik.

Hukuman penjara yang dijatuhkan kepada terdakwa, menurut majelsi hakim,  sudah cukup menjadi pelajaran karakter dan pembinaan mental dan pelajaran berharga sehingga ke depannya terdakwa tidak mengulangi perbuataannya.

"Hukuman ini juga akan memberikan efek jera bagi yang lain agar tidak coba-coba melakukan perbuatan tindak pidana korupsi," tandas Hakim Sumpeno.

Atas putusan itu Damayanti dan jaksa KPK menyatakan pikir-pikir selama tujuh hari. (Mon/Dom)
 

Berita Terbaru

Vettel Juara GP Australia
"Hari ini sangat indah. Terima kasih semuanya,"

Polres Jakbar Telusuri Kasus Narkoba Ridho Rhoma
Saat digeledah di mobilnya kami temukan satu paket shabu seberat 0,76 gram

Susanto, Pemilik 30 Kilogram Shabu Dituntut Mati
Pekerjaan terdakwa, termasuk jaringan Internasional (antar Negara) dan bertentangan dengan program pemerintah Indonesia

Jamu Valencia, Peluang Barca Raih Poin Penuh
Kemenangan jadi kewajiban untuk kami, guna menjaga potensi untuk menelikung Madrid di klasemen

Menerima Shabu 500 Gram, Juwita Divonis Penjara 12 Tahun
"Terima kasih Bapak Hakim. Saya menerima putusan 12 tahun penjara ini,"