KESEHATAN

Sabtu, 01/10/2016, 20:57
2030, Penyandang Diabetes di Indonesia Capai 21,3 Juta Orang

KESEHATAN Diabetes, WHO, Manajemen Diri
 

2030-penyandang-diabetes-di-indonesia-capai-213-juta-orang Ilustrasi
BERITA TERKAIT
 
Penyandang diabetes atau diabetesi di Indonesia diperkirakan akan meningkat tajam dalam periode 30 tahun sejak tahun 2000. Diprediksi, pada 2030 nanti penderita diabetes mencapai 21,3 juta orang.  

"Hanya dalam periode 30 tahun, jumlah penyandang diabetes di Indonesia akan melonjak tajam menjadi 21,3 juta orang," kata Dosen Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada Nida Ul Hasanat, di Yogyakarta, Sabtu (1/10).

Survei World Health Organization (WHO) atau Badan Kesehatan Dunia, lanjut Nida, pada tahun 2000 Indonesia menempati urutan keempat jumlah penyandang diabetes terbesar di dunia sebanyak 8,4 juta, setelah India 31,7 juta, Cina 20,8 juta dan Amerika Serikat (17,7 juta).

Menurut dia, penyebab peningkatan jumlah diabetesi adalah karena kurangnya manajemen diri dari diabetes.

Manajemen diri diabetes merupakan keterlibatan pasien terhadap seluruh aspek dalam penyakitnya, berupa diet, olah raga atau aktivitas fisik, pengobatan dan pemantauan kadar glukosa dalam darah.

"Karena kesulitan untuk melakukan manajemen diri, mengakibatkan kontrol glukosa menjadi buruk. Sehingga penyandang diabetes semakin tidak sadar akan kondisi riil dirinya yang sudah terkena diabetes," tandas Nida. (ans/ant)


Berita Terbaru

101.906 Peserta Lulus SNMPTN 2017
Kementerian Riset,Teknologi dan Pendidikan Tinggi menyiapkan bantuan biaya pendidikan bagi murid kurang mampu lewat program Bidikmisi

Pilkada Serentak 2018 Jatuh Pada 27 Juni 2018
penentuan tanggal tersebut sebelumnya telah diputuskan oleh KPU melalui rapat pleno

Aksi Iwan Fals Meriahkan Munas OI di Lampung
Dalam aksi panggungnya, Iwan Fals yang berduet dengan Gubernur Lampung menyanyikan lagu "Manusia Setengah Dewa" dan "Asyik Gak Asyik"

Gol Sanchez Bawa Arsenal ke Final Piala FA
Di final nanti, mereka akan berhadapan dengan Chelsea, yang sebelumnya mengalahkan Tottenham Hotspurs 4-2.

Barca Geser Madrid di Puncak Klasemen
Dengan raihan angka sama, Madrid pun tergusur ke posisi kedua.