HUKRIM KORUPSI

KORUPSI

Rabu, 30/11/2016, 17:21
Dituntut 6 Tahun Penjara, La Nyalla: Sudah Biar Saja

KORUPSI PN Jakpus, La Nyalla, Korupsi
 

dituntut-6-tahun-penjara-la-nyalla-sudah-biar-saja La Nyalla fokus dengarkan tuntutan Jaksa
BERITA TERKAIT
 
Mantan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Jawa Timur, La Nyalla Mattalitti hanya bisa pasrah dituntut enam tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Didik Farkhan, dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (30/11).

JPU dari Kejaksaan Tinggi Jawa Timur ini menilai, La Nyalla terbukti secara hukum telah menyalahgunaan wewenang untuk memperkaya diri sendiri dan orang lain, dengan memanfaatkan dana hibah dari Pemprov Jatim dari tahun 2011 hingga 2014 sebesar Rp48 miliar.

Menurut Jaksa, untuk menutupi penggunaan uang yang dipakai untuk membeli saham perdana Bank Jatim, La Nyalla membuat surat pengakuan hutang kepada Kadin Jatim.

Surat tersebut diduga tidak benar, karena materai yang digunakan baru dikeluarkan pada tahun 2014, sedangkan surat hutang dibuat pada 2012.

"Nomor surat tidak teregister. termasuk kuitansi, dan materai ternyata dibuat belakangan. Jadi kami anggap itu tidak ada," tukas Jaksa Didik.

Biar Saja

La Nyalla merasa pertimbangan JPU dalam mengajukan tuntutan terhadap dirinya tidak sesuai dengan fakta di persidangan.

Meski merasa keberatan atas tuntutan ini, namun La Nyalla hanya bisa pasrah sambil berucap,"Ya wajar-lah, namanya jaksa, kan tugasnya menuntut, ya sudah biar saja."   

La Nyalla mengungkapkan, uang yang ia gunakan untuk membeli saham perdana Bank Jatim merupakan peminjaman dan sudah dikembalikan.

Dia menambahka, pertanggungjawaban atas anggaran Kadin telah didelegasikan kepada Wakil Ketua Kadin, yakni Diar Kusuma Putra dan Nelson Sembiring.

"Semuanya telah dilampirkan bukti-bukti administrasi yang jelas," tandasnya. (Mon/Dom)


Berita Terbaru

101.906 Peserta Lulus SNMPTN 2017
Kementerian Riset,Teknologi dan Pendidikan Tinggi menyiapkan bantuan biaya pendidikan bagi murid kurang mampu lewat program Bidikmisi

Pilkada Serentak 2018 Jatuh Pada 27 Juni 2018
penentuan tanggal tersebut sebelumnya telah diputuskan oleh KPU melalui rapat pleno

Aksi Iwan Fals Meriahkan Munas OI di Lampung
Dalam aksi panggungnya, Iwan Fals yang berduet dengan Gubernur Lampung menyanyikan lagu "Manusia Setengah Dewa" dan "Asyik Gak Asyik"

Gol Sanchez Bawa Arsenal ke Final Piala FA
Di final nanti, mereka akan berhadapan dengan Chelsea, yang sebelumnya mengalahkan Tottenham Hotspurs 4-2.

Barca Geser Madrid di Puncak Klasemen
Dengan raihan angka sama, Madrid pun tergusur ke posisi kedua.