TRAVEL SOSIAL PENDIDIKAN GAYA HIDUP BERITA ANDA KONGKOW METRO ROAD TO GERMANY

SOSIAL

Minggu, 29/01/2017, 00:43
Pro-Kontra Pabrik Semen Rembang
Masyarakat Jangan Terpedaya Hasutan Oknum Aktivis

SOSIAL Hermawan Sulistyo, Pabrik Semen, Pt Semen Indonesia
 

masyarakat-jangan-terpedaya-hasutan-oknum-aktivis Gunretno, aktivis penentang pembangunan Semen Rembang/Ist
BERITA TERKAIT
 
Pro-kontra soal pembangunan pabrik Semen Rembang, diduga dimanfaatkan sejumlah oknum aktivis melakukan aksi-aksi manipulatif.

Mereka mencoba mempengaruhi masyarakat dengan menghembuskan isu yang tak sesuai fakta dan data di lapangan, demi kepentingan pribadi dan pihak asing.

Sinyalemen ini diutarakan aktivis 1998 yang juga pendiri CONCERN Strategic Think Tank, Hermawan Sulistyo, Sabtu (28/1).

"Konsen saya adalah orang (masyarakat sekitar, red) di Rembang, dan Indonesia pada umumnya. Saat ini tidak waktunya untuk berdebat pro atau kontra. Tapi mendiskusikan apa yang didapat rakyat dengan adanya pabrik semen," ujar penggerak reformasi ini.

Pria yang akrab disapa Kikiek ini menyatakan, tugas aktivis adalah mengawal itu, bukan menghambat daya tawar dan pembangunan daerah tertinggal.

"Seharusnya posisi aktivis ada di tengah dan menjembatani perusahaan dengan masyarakat,” tukasnya.

Menurut Kikiek, untuk bisa menjembatani antara kepentingan industrialisasi dan penjagaan kelestarian lingkungan serta budaya, antara pelaku industr idan masyarakat harus meningkatkan komunikasi dan sinergi.

Dalam melakukan ekspansi, kata Kikiek, pelaku industri pasti  mempunyai kalkulasi, termasuk selalu mematuhi aturan terkait lingkungan yang berlaku.

"Misalnya, perusahaan semen kan tidak mungkin membangun pabrik di lahan pertanian yang subur, karena itu bukan bahan bakunya.Kita harus obyektif biar sama-sama berkembang," tambahnya.

Kikiek meminta masyarakat harus jeli dan obyektif, agar tidak mudah terhasut isu yang dilontarkan kelompok penentang pembangunan Pabrik Semen Rembang yang selama ini dimotori Gunretno,

Selama ini, jelas Kikiek, Gunretno banyak menerima limpahan dana, termasuk dari pihak asing untuk menggagalkan proyek pembangunan pabrik semen milik negara itu.

"Usut rekening Gunretno. Ambil kesaksian dari orang-orang di sekitar yang dikecewakan dan sekarang berseberangan dengan dia, karena praktik manipulatif, termasuk dalam hal keuangan," tegas Kikiek. (sym)
 

Berita Terbaru

Aksi Iwan Fals Meriahkan Munas OI di Lampung
Dalam aksi panggungnya, Iwan Fals yang berduet dengan Gubernur Lampung menyanyikan lagu "Manusia Setengah Dewa" dan "Asyik Gak Asyik"

Gol Sanchez Bawa Arsenal ke Final Piala FA
Di final nanti, mereka akan berhadapan dengan Chelsea, yang sebelumnya mengalahkan Tottenham Hotspurs 4-2.

Barca Geser Madrid di Puncak Klasemen
Dengan raihan angka sama, Madrid pun tergusur ke posisi kedua.

Marquez Juara di MotoGP Amerika
Pada balapan kali ini, rekan satu tim Rossi dari Yamaha Maverick Vinales harus tersingkir sejak awal

Anies Tak Ingin Buru-buru Bahas Program Kerja
Sekarang kita bangun suasana tenang damai dulu suasana yang sejuk.