TRAVEL SOSIAL PENDIDIKAN GAYA HIDUP BERITA ANDA KONGKOW METRO ROAD TO GERMANY

KONGKOW

Rabu, 22/02/2017, 12:46
Aksi Heroik Pasukan Orange Saat Banjir

KONGKOW Banjir, PPSU,Ahok
 

aksi-heroik-pasukan-orange-saat-banjir Aksi heroik petugas PPSU yang jadi viral di dunia maya/Ist
BERITA TERKAIT
 
Banjir yang sempat mengepung Jakarta selama tiga hari terakhir ini, mensisakan beberapa cerita yang mungkin tak tersiar di media massa dan tak diketahui masyarakat luas. Salah satunya adalah perjuangan pasukan orange alias petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU).

Petugas PPSU yang dibentuk Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada 13 Mei 2015, di bawah payung hukum Pergub Nomor 169/2015, tersebar di tiap kelurahan di Jakarta. Mereka ditugaskan untuk melayani sekaligus merespon keluhan warga soal prasarana dan sarana umum.

Saat banjir kemarin, perjuangan pasukan orange tak bisa dianggap enteng. Sebagian mereka bahkan ada yang mempertaruhkan nyawanya demi mengatasi genangan air yang merendam wilayah Jakarta.

Di daerah Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara, seorang petugas PPSU Kelurahan Pegangsaan Dua bernama Deni, dikabarkan hanyut terbawa arus Kali Betik, saat ingin melakukan tugas.

Aksi heroik PPSU lainnya sempat menjadi viral di media sosial. Seorang petugas PPSU nekad menyelam di saluran air yang kecil, kotor dan hitam untuk mengangkut lumpur dan sampah.

Petugas yang belum diketahui identitasnya itu, menyelam tanpa alat bantuan apa pun, hanya membawa pacul untuk mengeruk lumpur yang menyumbat di saluran air pinggir jalan raya tersebut.

Kerja keras anggota pasukan orange di tengah hujan lebat tersebut, diunggah dalam video oleh akun Facebook Irfan Jussadi. Pujian pun mengalir untuk petugas PPSU ini dari semua lapisan masyarakat.    

Ada juga beberapa aksi petugas PPSU yang terhitung cukup berbahaya dan mempertaruhkan nyawa. Seperti di Pintu Air sisi barat Manggarai..

Beberapa petugas PPSU dan PHL Dinas Kebersihan, di tengah hujan lebat mencoba menghalau sampah yang terbawa arus. Mereka berdiri di sisi kali, berangtung dengan tali, menahan jala penghalau sampah agar tidak lepas dari kaitan.

Bayangkan, jika mereka tergelincir karena pijakan yang licin, pastinya tubuh mereka akan langsung terseret arus yang cukup deras saat itu.    
     
Bukan cuma di saat banjir, pasukan orange pun terihat aktif membantu membersihkan rumah warga di saat banjir mulai surut. Seolah tiada lelah, petugas PPSU terus bekerja dengan keikhlasan,ketulusan dan tanpa pamrih membantu warga Ibukota. Acungan jempol patut kiranya kita berikan untuk mereka..(Gil)

Berita Terbaru

Vettel Juara GP Australia
"Hari ini sangat indah. Terima kasih semuanya,"

Polres Jakbar Telusuri Kasus Narkoba Ridho Rhoma
Saat digeledah di mobilnya kami temukan satu paket shabu seberat 0,76 gram

Susanto, Pemilik 30 Kilogram Shabu Dituntut Mati
Pekerjaan terdakwa, termasuk jaringan Internasional (antar Negara) dan bertentangan dengan program pemerintah Indonesia

Jamu Valencia, Peluang Barca Raih Poin Penuh
Kemenangan jadi kewajiban untuk kami, guna menjaga potensi untuk menelikung Madrid di klasemen

Menerima Shabu 500 Gram, Juwita Divonis Penjara 12 Tahun
"Terima kasih Bapak Hakim. Saya menerima putusan 12 tahun penjara ini,"