MENUJU RI 1

POLITIK

Rabu, 01/03/2017, 22:36
Tak Perlu Ada Kampanye di Putaran Kedua Pilkada DKI

POLITIK Pilkada DKI, Ahok, Gelora Tarigan
 

tak-perlu-ada-kampanye-di-putaran-kedua-pilkada-dki Ketua Umum Grashi, Gelora Tarigan, SH.MH
BERITA TERKAIT
 
Ketua Umum Grashi, Gelora Tarigan, SH.MH menilai, tak perlu ada kampanye dalam pelaksanaan Pilkada DKI putaran kedua nanti.

Ada beberapa alasan yang dikemukakan pengacara senior ini. Pertama, karena pasangan calon yang maju di putaran kedua ini, selama 3,5 bulan pernah memaparkan seluruh visi dan misi serta program  kerjanya , saat kampanye di putaran pertama.

Selain itu, kata Gelora, pasal 36 ayat (3) Peraturan KPU Nomor 6 tahun 2016, isinya hanya mengatur soal tahapan putaran kedua yang mencakup tentang pengadaan dan pendistribusian perlengkapan pemilihan, penajaman visi dan misi serta program pasangan calon, pemungutan dan penghitungan suara, serta rekapitulasi suara.

"Jadi dalam aturan ini disebutkan kampanye hanya dalam bentuk penajaman visi dan misi serta program kerja. Tak ada kampanye pengerahan massa pendukung," jelasnya, Rabu (1/3).

Ditambahkan Gelora, apabila KPU tetap mengatur adanya kampanye pengerahan massa, dikhawatirkan akan terjadi gesekan antar warga di lapangan yang dipicu adanya sentimen negatif dengan mengusung isu suku dan agama.

"Ini harus dipertimbangkan masak-masak, sebab bisa memecah belah persatuan dan kesatuan. Apalagi kalau menggunakan kampanye hitam dengan menggunakan isu SARA," tegasnya.

Tetapi, lanjut Gelora, kampanye bisa saja digelar apabila KPU menggunakan otoritas diskresi hanya untuk mengisi kekosongan aturan dalam sebua mekanisme tertentu atau demi kepentingan umum, serta tidak melanggar azas kearifan dan kejujuran.

"Dan yang terpenting, isu yang diusung dalam kampanye tidak menjelek-jelekan atau merugikan salah satu pasangan calon," ujarnya. (her/dom)

Berita Terbaru

Vettel Juara GP Australia
"Hari ini sangat indah. Terima kasih semuanya,"

Polres Jakbar Telusuri Kasus Narkoba Ridho Rhoma
Saat digeledah di mobilnya kami temukan satu paket shabu seberat 0,76 gram

Susanto, Pemilik 30 Kilogram Shabu Dituntut Mati
Pekerjaan terdakwa, termasuk jaringan Internasional (antar Negara) dan bertentangan dengan program pemerintah Indonesia

Jamu Valencia, Peluang Barca Raih Poin Penuh
Kemenangan jadi kewajiban untuk kami, guna menjaga potensi untuk menelikung Madrid di klasemen

Menerima Shabu 500 Gram, Juwita Divonis Penjara 12 Tahun
"Terima kasih Bapak Hakim. Saya menerima putusan 12 tahun penjara ini,"