MENUJU RI 1

POLITIK

Rabu, 01/03/2017, 22:36
Tak Perlu Ada Kampanye di Putaran Kedua Pilkada DKI

POLITIK Pilkada DKI, Ahok, Gelora Tarigan
 

tak-perlu-ada-kampanye-di-putaran-kedua-pilkada-dki Ketua Umum Grashi, Gelora Tarigan, SH.MH
BERITA TERKAIT
 
Ketua Umum Grashi, Gelora Tarigan, SH.MH menilai, tak perlu ada kampanye dalam pelaksanaan Pilkada DKI putaran kedua nanti.

Ada beberapa alasan yang dikemukakan pengacara senior ini. Pertama, karena pasangan calon yang maju di putaran kedua ini, selama 3,5 bulan pernah memaparkan seluruh visi dan misi serta program  kerjanya , saat kampanye di putaran pertama.

Selain itu, kata Gelora, pasal 36 ayat (3) Peraturan KPU Nomor 6 tahun 2016, isinya hanya mengatur soal tahapan putaran kedua yang mencakup tentang pengadaan dan pendistribusian perlengkapan pemilihan, penajaman visi dan misi serta program pasangan calon, pemungutan dan penghitungan suara, serta rekapitulasi suara.

"Jadi dalam aturan ini disebutkan kampanye hanya dalam bentuk penajaman visi dan misi serta program kerja. Tak ada kampanye pengerahan massa pendukung," jelasnya, Rabu (1/3).

Ditambahkan Gelora, apabila KPU tetap mengatur adanya kampanye pengerahan massa, dikhawatirkan akan terjadi gesekan antar warga di lapangan yang dipicu adanya sentimen negatif dengan mengusung isu suku dan agama.

"Ini harus dipertimbangkan masak-masak, sebab bisa memecah belah persatuan dan kesatuan. Apalagi kalau menggunakan kampanye hitam dengan menggunakan isu SARA," tegasnya.

Tetapi, lanjut Gelora, kampanye bisa saja digelar apabila KPU menggunakan otoritas diskresi hanya untuk mengisi kekosongan aturan dalam sebua mekanisme tertentu atau demi kepentingan umum, serta tidak melanggar azas kearifan dan kejujuran.

"Dan yang terpenting, isu yang diusung dalam kampanye tidak menjelek-jelekan atau merugikan salah satu pasangan calon," ujarnya. (her/dom)

Berita Terbaru

101.906 Peserta Lulus SNMPTN 2017
Kementerian Riset,Teknologi dan Pendidikan Tinggi menyiapkan bantuan biaya pendidikan bagi murid kurang mampu lewat program Bidikmisi

Pilkada Serentak 2018 Jatuh Pada 27 Juni 2018
penentuan tanggal tersebut sebelumnya telah diputuskan oleh KPU melalui rapat pleno

Aksi Iwan Fals Meriahkan Munas OI di Lampung
Dalam aksi panggungnya, Iwan Fals yang berduet dengan Gubernur Lampung menyanyikan lagu "Manusia Setengah Dewa" dan "Asyik Gak Asyik"

Gol Sanchez Bawa Arsenal ke Final Piala FA
Di final nanti, mereka akan berhadapan dengan Chelsea, yang sebelumnya mengalahkan Tottenham Hotspurs 4-2.

Barca Geser Madrid di Puncak Klasemen
Dengan raihan angka sama, Madrid pun tergusur ke posisi kedua.